POPULAR STORIES

Mobil Diam Di Garasi Akibat PSBB, Ini Tips Dari BMW Astra

Mobil Diam di Garasi Akibat PSBB, Ini Tips dari BMW Astra Ilustrasi mobil di garasi (KO/Edo)

KabarOto.com - Pemerintah, pada akhir pekan lalu, resmi menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta, sehingga membuat masyarakat harus menahan diri untuk keluar rumah.

"Ditetapkannya PSBB di DKI Jakarta, membuat kita harus semakin disiplin untuk tetap di rumah sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona," ujar Fredy Handjaja CEO BMW Astra.

Efek dari kebijakan tersebut, salah satunya adalah mobil andalan yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari, akan lebih banyak berdiam di garasi.

Baca Juga: Servis Mobil Wuling Bisa #dirumahaja, Begini Caranya
Meski begitu, Fredy menambahkan, bahwa mobil yang terparkir di garasi tetap harus dilakukan pengecekan dan perawatan.

"Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan agar mobil yang terparkir tetap dalam kondisi prima saat akan digunakan nanti," kata Fredy.

Berikut ini hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kendaraan tetap prima selama tidak digunakan:

1. Melepas rem tangan

Melepas tuas rem tangan, bertujuan untuk memastikan brake shoe, brake pad, dan brake disc tidak lengket dan macet.

2. Memposisikan transmisi di posisi "P" bagi mobil dengan transmisi otomatis

Hal ini beguna untuk mencegah mobil bergerak saat berhenti, tanpa menggunakan rem. Tambahkan ganjalan ban bila diperlukan.

Tidak disarankan gunakan rem parkir (rem tangan)

3. Tambah tekanan angin ban sampai 3,5 bar

Penambahan tekanan angin pada ban, berguna untuk menghindari kerusakan ban kendaraan pada bagian tertentu karena tekanan yang tidak merata.

4. Panaskan mesin dan AC mobil secukupnya

Panaskan mesin mobil di ruang terbuka, dua kali dalam seminggu selama 20 menit sambil menginjak pedal gas, agar putaran mesin minimal 2.000 RPM.

Sambil memanaskan mesin, buka jendela mobil dan nyalakan AC kendaraan agar terjadi sirkulasi oli pada sistem AC dan udara di dalam kabin, sehingga fungsi kerja AC selalu prima.

Tambah tekanan angin
Baca Juga: Sosiaslisasikan PSBB Jakarta, Operasi Keselamatan Jaya Digelar Sasar Transportasi Umum

5. Parkir mobil di tempat beratap

Simpan kendaraan di tempat beratap untuk memastikan terlindung dari cuaca ektrem, gangguan dan kotoran hama liar yang merusak eksterior.

Selain itu, juga berguna untuk membuat suhu di dalam mobil tetap rendah, sehingga sirkulasi udara di dalam kabin tetap segar dan komponen interior lebih awet.

6. Gunakan alat pelindung tambahan pada permukaan mobil

Cuci permukaan kendaraan termasuk pembersihan interior, perawatan cat dan krom. Lalu pasang penutup atau sarung mobil jika perlu.