POPULAR STORIES

Mobil Esemka Kok Mirip SWM/Shineray T30

Mobil Esemka Kok Mirip SWM/Shineray T30

KabarOto.com – Kita patut berbangga, sebab Indonesia sudah bisa memproduksi sendiri mobil dengan merek asli Indonesia yakni Esemka. Salah satu produk yang baru diluncurkan adalah pikap Bima, pabriknya sendiri sudah diresmikan Presiden RI Joko Widodo PT Solo Manukfatur Kreasi (PT SMK) berlokasi di Desa Demangan, Boyolali, Jawa Tengah.

Tapi ternyata Esemka Bima punya kembaran asal Tiongkok, kembar tapi belum tentu sama yah sob, hanya saja bentuknya lumayan mirip.

Foto Esemka Bima : Agus Suparto

Baca Juga : Pabrik Esemka Diresmikan, 3.500 Pikap Bima Esemka Akan Diproduksi

KabarOto menemukan desain mobil Esemka Bima menyerupai SMW (Speedy working Motors) T30. Sebenarnya SWM ini sudah dibeli oleh Shineray tahun 2014 lalu, sekarang Brilliance Auto. Hal ini mungkin hampir sama dengan Wuling Almaz yang punya banyak merek seperti MG Hector, dan Chevrolet Captiva karena dibawah naungan General Motors.

Namun bukan suatu masalah besar jika memang mobil tersebut bagus kualitasnya, T30 sendiri bisa dibilang pikap modern dengan banyak fitur canggih dikelasnya. Kalau kita bandingkan pikap kebanyakan, T30 sudah menggunakan lampu projector. Ditambah penggunaan grill besar seperti Bima, tapi perbedaannya ialah desainnya, dimana T30 lebih elegan bahkan mirip kidney grille BMW. Lalu lekukan bumper juga dibuat sama pada bagian cover foglamp.

Lekukan samping juga terlihat sama saja dengan Bima. Namun, diluar sana T30 punya beberapa versi ternyata loh, ada model single cabin deck panjang , double cabin, bahkan versi niaga seperti Isuzu ELF loh.

Baca Juga : Inilah Sian, Supercar Hybrid Pertama Lamborghini

Asiknyanya lagi, fitur T30 ternyata sangat lengkap loh sob. Misalnya saja untuk keselamatan terdapat rem ABS dan EBD, lalu radius putarnya mencapai 6 meter, dan sudah terdapat EPS (Elextric Power Steering).

Itu baru untuk fitur penggunaan dan keselamatan, sektor hiburan dalam kabin juga komplet sob karena terdapat pemutar musik, panel interior kayu, paling penting juga nih di Indonesia yakni AC, pengaturan AC-nya juga lengkap dan desainnya elegan. Terakhir, speedometer masih tapi sudah ada MID layar monokrom kecil lengkap penunjuk odometer, bensin, dan sebagainya.

Untuk spesifikasi mesinnya, mungkin kita bisa mengintip sedikit agar lebih tahu mesin Esemka Bima. T30 menggunakan mesin berkapasitas 1.298 cc, 4 silinder dengan standar Euro V. Tenaganya mencapai 85 dk dan torsi maksimal 105 Nm, disalurkan ke penggerak roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan. Kecepatan maksimalnya dibatasi 105 kpj saja demi alasan keamanan.

Nah kalau nantinya Esemka Bima bisa memberikan spesifikasi tanpa dikurangi pasti akan menarik nih sob!