Inilah Sian, Supercar Hybrid Pertama Lamborghini

Inilah Sian, Supercar Hybrid Pertama Lamborghini

KabarOto.com – Lamborghini terkenal dengan line-up mobil sportcar keren yang dijualnya. Tidak hanya itu, bentuknya juga sangat eksotis.

Baru-baru ini, Lamborghini kabarnya sedang menggarap produk terbarunya, yakni Lamborghini Sian. Seperti apa sih bentuk mobil baru dari Lamborghini ini?

Pertama nama Sian itu artinya petir dalam dialek Bolognese, mengindikasikan jika mobil ini menggunakan tenaga listrik dan bisa melesat secepat kilat. Masih sama seperti saudara lainnya, bentuk Lamborghini memang sudah ganteng sejak lahir, banyak lekukan agresif, membuat tampilannya lebih eksotis, bahkan jika dibanding Aventador sekalipun. Tampak depannya seperti raut bengis hewan buas yang siap menerkam mangsa di depannya, lekukan ekstrem, kap bagasi berventilasi, serta lampunya memiliki DRL membentuk 3 garis dan lampu utama diatasnya.

Baca Juga : Lamborghini Keluarkan Aventador Dan Huracan Edisi Khusus

Dari sisi samping, bentuknya mirip Lamborghini SVJ, atapnya sangat landai, serta dilengkapi lubang udara sangat besar untuk memasok udara masuk ke ruang mesinnya. Lalu peleknya sendiri menggunakan model palang banyak, finishing bronze yang kemungkinan bisa di kustom sesuai pesanan, dan dibalut ban berprofil tipis sehingga handling mobil makin mantap.

Nah ini yang buat Sian lebih keren ketimbang Huracan ataupun Aventador. Sian memiliki spoiler cukup besar, lalu lekukan sekitar lampu rem dibuat apik berpadu dengan model lampu rem hexagonal tersebut, dipermanis tulisan Sian pada bagian tengah. Sementara posisi knalpot agak di atas dengan diffuser seperti pada supercar kebanyakan.

Baca Juga : Liberty Walk Buat Body Kit Untuk Lamborghini Huracan

Soal mesinnya, perlu diketahui bahwa Sian nantinya akan menjadi Lamborghini Hybrid pertama loh, mengikuti pesaing sekelas Porsche, Ferrari, Koenigsegg dan sebagainya. Untuk mesin utama menggunakan V12 berkapasitas 6.500 cc sama seperti pada Aventador, sanggup meletupkan tenaga maksimal 785 dk. Ditambah lagi dengan motor listrik 48 volt bertenaga 34 dk, sehingga jika digabungkan menghasilkan tenaga sekitar 819 dk. Uniknya, Sian tidak memakan baterai biasa, melainkan superkapasitor yang dinilai lebih ringan dan kuat.

Akselerasinya juga tidak usah ragu lagi, performa tinggi khas Lamborghini juga diturunkan pada Sian, dapat melesat 0-100 kpj dalam 2.8 detik saja. Kecepatan maksimalnya mencapai 350 kpj. Asiknya lagi, terdapat teknologi regenerative braking, dimana fitur ini berfungsi saat pengereman untuk mengisi daya kembali layaknya pada mobil balap F1. Tidak hanya itu, terdapat electric boost yang menyala saat kecepatan mobil 130 kpj demi meningkatkan akselerasi secara sigap.

Sama seperti interior Lamborghini pada umunya, bahan dipilih berkualitas nomor satu, mulai jok kulit, panel-panel karbon, alcantara dan segala fitur kecanggihan sudah ada dalam mobil ini. Warnanya sendiri didominasi hitam berpadu orange dengan jahitan putih. Terdapat layar besar bagian tengah seperti kebanyak mobil listrik lainnya, serta spidometer full digital.

Tapi patut disayangkan nih, sebab Stefano Domenicali, CEO Lamborghini mengatakan bahwa Sian hanya diproduksi terbatas, yakni 63 unit. Hebatnya lagi, semuanya unit sudah laku dipesan. Harga jualnya sendiri berkitar US$ 3,6 juta atau sekitar Rp 50,4 miliyar. Gokil banget sob!