POPULAR STORIES

Mobil Jarang Dipakai, Apa Harus Gunakan Jackstand?

Mobil Jarang Dipakai, Apa Harus Gunakan Jackstand? Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com - Jika KabarOto punya mobil yang jarang digunakan di rumah, dan terparkir dalam waktu lama, apakah mobil harus dinaikkan ke jackstand agar ban mobil tidak menapak langsung ke tanah? Begini penjelasannya.

Bila mobil terparkir dalam waktu lama, tentunya akan berpengaruh ke tekanan ban di mana lama-kelamaan tekanan angin berkurang dan ban kempis, yang ujung-ujungnya mempengaruhi bentuk dari ban itu sendiri.

Baca juga: Goodyear Hadirkan 2 Ban Baru Assurance ComfortTred Dan Assurance Maxguard SUV

Ban yang kempis akan mempengaruhi ke bentuk ban lama-kelamaan, bahkan jika kembali diisi angin. Karena di dalam ban ada kawat-kawat yang membentuk struktur ban, sehingga bentuk ban tidak bulat sempurna lagi.

Kalau dari bentuknya sudah tidak sempurna, balancing juga tidak akan maksimal, dan akibatnya membuat mobil terasa bergetar pada kecepatan tinggi. Dijelaskan juga, bila tidak punya jackstand, cukup bawa saja mobil sebentar untuk keliling tujuannya agar ban berputar, tidak bertumpu di satu bagian saja.

Baca juga: Impresi Singkat Jajal Goodyear Assurance MaxGuard SUV

"Sebenarnya bisa juga dijackstand, namun kan susah yah tidak semua orang punya. Cara paling mudah itu mobil dibawa jalan sebentar saja, yang penting ban itu berputar sehingga bentuknya tidak berubah," jelas Andreas Sendie, Area Sales Manager & Training Specialist Goodyear Indonesia.