POPULAR STORIES

Mobil Listrik BMW Dengan Platform Neue Klasse Hadir Tahun 2025

Mobil Listrik BMW Dengan Platform Neue Klasse Hadir Tahun 2025 Platform Neue Klasse untuk mobil listrik BMW (Foto: BMW Design)

KabarOto.com - Untuk masa depan kendaraan elektrefikasi, BMW akan menggunakan platform Neue Klasse yang diklaim ramah lingkungan dan memberikan performan lebih tinggi.

CEO BMW, Oliver Zipse mengatakan bahwa pihaknya menargetkan penghematan biaya 30 persen dari platform tersebut.

"Karena penggunaan format sel silinder, serta sel kimia baru dan format sel baru untuk meningkatkan performa," jelas Oliver

Baca Juga : BMW M4 CSL Baru Dirilis, Begini Tampilan Detilnya

Pabrikan mobil asal Jerman akan memulai produksi platform Neue Klasse pada tahun 2025, dan akan digunakan untuk kendaraan listrik menengah. Platform ini akan diproduksi di pabrik baru di Debrecen, Hongaria yang akan dibangun mulai 1 Juni mendatang. Sementara produk pertama akan diluncurkan dalam waktu 26 bulan ke depan.

Salah satu desain platform BMW Neue Klasse

Sebagai informasi, pabrik baru BMW ini akan dioperasikan tanpa bahan bakar fosil dan semua daya yang digunakan akan dihasilkan di lokasi atau bersumber dari pemasok yang menggunakan energi terbarukan. Kontrak pemasok untuk kendaraan berbasis Neue Klasse pertama akan ditandatangani pada akhir tahun ini.

Baca Juga : BMW Seri 3 Facelift, Hadir Dengan Tampilan Dan Teknologi Baru

"BMW mempertimbangkan emisi CO2 dan persentase bahan sekunder sebagai kriteria untuk memilih pemasok," tambah Zipse.

BMW sendiri menargetkan setengah dari penjualan globalnya berasal dari kendaraan listrik pada tahun 2030. Untuk sementara, pabrikan tersebut bertujuan untuk mencapai 2 juta penjualan kendaraan listrik kumulatif pada tahun 2025. Dan, tahun ini diprediksi EV akan mencapai 10 persen dari semua pengiriman unit. Kemudian delapan model listrikdari BMW akan berada di jalan pada akhir tahun ini.

Sebagai langkah awal, dua prototipe desain untuk model berbasis Neue Klasse telah ditunjukkan kepada anggota dewan BMW.