POPULAR STORIES

Mobil Listrik Kini Kebanjiran Peminat

Mobil Listrik Kini Kebanjiran Peminat

Kabaroto.com - Lembaga riset asal Jerman baru-baru ini melakukan riset mengenai pembelian kendaraan listrik. Hasilnya, tingkat minat konsumen terhadap kendaraan listrik cukup tinggi.

Survei ini melinatkan 43 ribu responden dari 52 negara. Melalui penelitian tersebut diketahui bahwa 40 persen pengguna mobil berminat membeli kendaraan listrik dalam lima tahun ke depan. Adapun, 31 persen pemilik mobil bermesin diesel dan bensin berminat beralih ke mobil listrik.

Minat konsumen terhadap mobil listrik di Meksiko, Amerika Selatan, bahkan lebih tinggi lagi, mencapai angka 39 persen. Akan tetapi, minat konsumen terbesar terhadap mobil listrik ada di Thailand, dengan persentase mencapai 66 persen.

Sementara itu, pemilik kendaraan asal China justru hanya 58 persen yang tertarik pada mobil listrik. Ini sangat bertolak belakang dengan banyaknya produsen yang ingin berinvestasi untuk membangun pabrik mobil listrik di sana.

Hasil survei tersebut juga mencatat sebanyak 16 persen pengemudi kendaraan di Jepang mempertimbangkan pertukaran dari mobil konvensional ke listrik. Di Arab Saudi 45 persen orang berpotensi pindah dari penggunaan bahan bakar fosil. Sedangkan di Jerman ada 22 persen orang yang mempertimbangkan beralih ke mobil listrik.