POPULAR STORIES

Mobil-mobil Yang Mengawal Jokowi Hadiri Pelantikan Sebagai Presiden

Mobil-mobil yang Mengawal Jokowi Hadiri Pelantikan Sebagai Presiden Mercedes-Benz Paspampres (KO/Edo)

KabarOto.com - Pada hari Minggu, (20/10) Presiden dan Wakil Presiden terpilih, dilantik di gedung MPR/DPR di kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo, atau yang akrab disapa Jokowi, terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia untuk kedua kalinya.

Selama bertugas, ia akan didampingi oleh KH. Ma'aruf Amin sebagai Wakil Presiden. Saat menghadiri acara pelantikan, Jokowi terlihat berangkat dari Istana Merdeka dengan menumpangi mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard.

Baca Juga: Belasan Unit Mercedes-Benz S-Class Dikerahkan Untuk Pelantikan Presiden Dan Wakil Presiden 2019-2024

Dalam perjalanan menuju Gedung Parlemen, Jokowi terlihat dikawal oleh beberapa mobil dan sepeda motor yang keren dan gagah dalam sebuah formasi.

Bisa dibilang, momen tersebut sangat membanggakan, apalagi pemandangan tersebut hanya bisa kita lihat setiap lima tahun sekali. Lantas mobil apa saja yang mengawal perjalanan Jokowi menuju acara pelantikan? ini dia daftarnya:

1. Mercedes-Benz G-Class

Bisa dibilang, SUV istimewa yang dibuat di Graz Austria ini memiliki sejarah panjang dengan Presiden Republik Indonesia. Sosoknya telah menjadi mobil andalan Pasukan Pengaman Presiden Paspampres sejak era Presiden Soeharto.

Mercedes-Benz G-Class pengawal Presiden dan Wakil

Awalnya Paspampres menggunakan varian G 270 CDI dengan mesin diesel 2.7L bertenaga 183 dk dan torsi 400 Nm. Pada tahun 2010, pasukan baret biru tersebut menggunakan model baru G 300 CDI sebagai pengganti.

Tak kurang dari 30 unit G 300 CDI digunakan untuk keperluan pengawalan presiden dan wakil presiden. G 300 CDI dibekali mesin diesel V6 3.0L turbo dengan tenaga 184 dk dan torsi 400 Nm. Paspampres menggunakan CDI G300 dalam dua warna, hitam dan putih. Warna putih sendiri digunakan untuk Polisi Militer.

Dari pantauan KabarOto, tampilan eksterior yang menjadi pembeda G-Class Paspamres dengan versi sipil bisa dilihat dari atapnya yang dapat dibuka, strobe light bar, dan adanya hand railing atau pegangan di bagian atap. Pada bagian depannya, disematkan winch untuk digunakan dalam kondisi darurat.


2. Mazda 6 Sedan

Seperti diketahui, selain dari TNI, pasukan pengaman Presiden juga berasal dari unsur Kepolisian. Untuk mendukung pengawalan presiden, kepolisian menggunakan mobil Mazda 6 sedan.

Mobil yang sudah memasuki generasi ketiga ini, biasanya berada satu unit di bagian depan sebagai pembuka, dan satu unit di belakang sebagai penutup rangkaian rombongan Presiden. Mazda 6 sedan di bekali mesin SKYACTIV-G 2.5 liter 4 silinder DOHC, berkapasitas 2.488cc.

Mazda 6 sedan

Dapur pacu tersebut, sanggup menyemburkan tenaga hingga 187 dk para putaran mesin 5.700 rpm dan torsi mencapai 250 Nm pada putaran mesin 3.250 rpm. Tenaga yang dimiliki sedan mewah dan nyaman itu, lantas disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis 6 percepatan.

3. Land Cruiser J200

Salah satu mobil pengawalan spesial milik Pasmpamres adalah satu unit Land Cruiser J200 unit vehicle mounting jammer. Tak seperti mobil lain, SUV berkemampuan off-road ini dibekali teknologi canggih.

TLC J200 sebagai pengacak gelombang radio

Fungsinya, untuk mengacaukan frekuensi radio di sekitar rangkaian iring-iringan Presiden. Sebagai dampaknya, sinyal ponsel warga di jalur yang dilalui Presiden juga ikut terganggu. Land Cruiser J200 dibekali mesin V8 1UR-FE 4.608 cc yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 318 dk dan torsi sebesar 460 Nm.

4. Toyota Fortuner

Dalam rangkaian pengawalan Presiden Jokowi, terlihat juga beberapa unit Toyota Fortuner. SUV berwarna hitam ini terlihat di barisan belakang iring-iringan, saat Jokowi akan kembali ke Istana Merdeka.

Toyota Fortuner dibekali mesin diesel GD FTV 4 Silinder Segaris, 4 Katup, DOHC, VNT Intercooler serta memiliki kapasitas silinder sebesar 2,393 cc.

Ilustrasi Toyota Fortuner

Menggunakan mesin tersebut, Fortuner memiliki tenaga maksimum sebesar 150 dk pada putaran 3400 rpm dan torsi maksimum mencapai 400 Nm pada putaran 1,600-2,000 rpm.

Tenaga tersebut lantas disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 6 percepatan. Untuk sistem bahan bakarnya menggunakan Sistem Injeksi dengan Common Rail dan memiliki kapasitas tangki sebesar 80 liter.