Mobil Overheat Saat Dikemudikan? Jangan Panik Lakukan Hal Ini

Mobil Overheat Saat Dikemudikan? Jangan Panik Lakukan Hal Ini

Kabaroto.com - Overheat pada mesin merupakan kondisi suhu mesin terlalu tinggi jauh diatas suhu optimal, biasanya sering dialami jika melakukan perjalanan yang jauh. Gejala overheat biasanya lampu indikator temperatur di dashboard menyala jika tampilan lama jarum menunjukan huruf F dan ini harus diwaspadai. JIka mengalami hal ini berarti ada masalah di sistem pendingin mobil anda. Jika mengalami hal ini jangan panik, kabaroto bersama Rasyid mekanik senior di Panji Motor memberikan langkah berikut ini:
Berarti ada yang salah pada sistem pendinginan mesin mobil kamu. Untuk langkah awal mengatasi mesin mobil overheat, kamu dapat melakukan 6 langkah awal berikut ini.

Yang pertama yang harus dilakukan adalah berhenti dipinggir jalan segera dan matikan mesin. Ini dilakukan agar kerusakan tidak semakin parah. jangan lupa untuk selalu mengawasi jarum temperatur yang ada di dsahboard.kemudian matikan AC mobil dan nyalakan heater untuk mengurangi panas mesin.

Setelah mematikan kemudian posisikan kembali kontak ke ON agar kipas radiaor menyala untuk mendinginkan radiator yang sedang panas.

Selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuka kap mesin mobil agar panas yang ada di mesin menguap dan hilang. Hati--hati dalam membuka kap mesin ini, karena tuas yang ada di sudut biasanya mengeluarkan panas dan dapat menyengat kulit tangan anda.

Jangan membuka tutup radiator saat mesin sedang panas, karena uap air panas dari air radiator akan lepas dengan tekanan yang cukup kuat bisa membahayakan anda juga. Jika sudah dingin kemudian isi air radiator tersebut.

Jika anda belum menemukan bantuan montir, cari kebocoran pada sistem pendingin. Jika radiator atau kepala silinder rusak, mungkin terjadi kebocoran dalam sistem pendingin. Jika kamu berpengalaman dengan mobil, periksalah radiator, blok mesin, atau kepala silinder di dekat gasket, apakah ada kebocoran. Sebaliknya, jika kamu tidak paham, kamu bisa bawa mobil ke bengkel terdekat dan minta mereka melakukan tes tekanan sistem pendingin. Pemeriksaan ini mudah dan mungkin bisa dilakukan dengan gratis.

Nah yang terakhir jika sudah dilakukan semua maka anda harus mengambil sikap, jalan terus secara hati-hati atau panggil montir terdekat untuk memperbaiki sementara hingga anda sampai ketempat tujuan.