POPULAR STORIES

Mobil Terendam Banjir, Ini Yang Perlu Dibersihkan Serta Biayanya!

Mobil Terendam Banjir, Ini Yang Perlu Dibersihkan Serta Biayanya! Foto: Kipli

KabarOto.com - Banjir yang sudah menggenangi sebagian Jadetabek hingga kota lainnya, sejak dini hari jelang pergantian tahun 2020 (31/12/2019) kemarin hingga tepat pada tahun baru 2020 (01/01/2020). Merupakan force majeure yang tak bisa diprediksi. Terlebih bagi pemilik kendaraan roda 4 yang unitnya juga terendam banjir.

Kalau sudah begini, terpaksa harus membersihkan seluruh sektor mobil yang terendam air dan lumpur bekas banjir. "Kalau paket itu masuknya detailing, dari kolong, sepatbor, pelek, mesin, bersihkan kerak pada sela-sela mobil juga dalam pintu, poles kaca, poles bodi sampai bersihkan kabin," ujar Agung dari workshop Carspa, Jakarta Selatan.

Pria 1 anak ini juga bilang terdapat 6 jenis cairan kimia yang digunakan pada masing-masing sektor agar tingkat kebersihannya maksimal dan bekas banjir hilang. "Kalau kita biasa coating pakai Tevo, sisanya pakai produk 3M," imbuhnya.

Baca Juga: Mau Musim Hujan Nih, Pilih Paket Detailing Motor Yang Mana?

Cairan tersebut dibedakan sesuai peruntukannya masing-masing, mulai dari bodi, sepatbor, pelek, mesin, kaca, kolong dan kabin. "Menghilangkan aroma tak sedap bekas banjir, kita juga berikan disinfektan untuk kabin," ujar pria ramping itu saat diwawancarai tim KabarOto.

Agung bilang, lama pengerjaan bisa mencapai 3-5 hari tergantung jumlah antrean kendaraan di workshop. "Kita ambil contoh biaya mobil seperti medium sedan atau small MPV seperti Toyota Avanza dan lainnya, rentang harganya berkisar Rp 1,7 juta hingga Rp 2,2 juta, mobil lain harga mengikuti dimensinya," tutup pria murah senyum itu.