POPULAR STORIES

Modifikasi Honda Brio Tergila Di Indonesia, Sentuh 400 Dk Lebih!

Modifikasi Honda Brio Tergila di Indonesia, Sentuh 400 Dk Lebih! Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com - Honda Brio punya potensi tenaga cukup besar jika dimodifikasi. Hal ini dibuktikan oleh Jonathan Jameson atau Jeje, di mana Brio miliknya bisa tembus hingga 400 dk lebih dengan bodi sekecil itu.

Mulai dari eksterior, Jeje memperhatikan estetika mobil dengan mengaplikasikan konsep track look. Warna Racing Green dipilih untuk membalur seluruh bodinya, berikut bumper J'S Racing dari jazz GE8 yang dikustom supaya bisa dipasang ke bodi asli Brio.

Lalu aksesori lainnya yang dipasang seperti kap mesin karbon, lampu Mobilio RS. Fender juga menggunakan kustom inspirasi dari Feels Civic FD dengan ukuran lebih lebar sekitar dua jari dari standarnya, serta memiliki lubang ventilasi demi mengurangi hambatan angin.

Tidak sampai sana, fender belakang wide body natural look, lalu spion Spoon karbon, spoiler J'S Racing karbon yang juga dari Jazz GE8, hingga kustom diffuser karbon.

Baca Juga : Modifikasi Honda Civic VTi-S Limited R Dijejali Turbo

Berlanjut ke kaki-kaki, dipasangkan pelek Enkei RPF1 RS 15 lebar 8J, dibalut ban Hankook Ventus RS4 ukuran 225/45 R15. Di balik pelek sistem rem menggunakan Spoon Twin Block 4 pot, dan piringan drill dan slotted, dan coilover ISC.

Soal mesin semua digarap YAG Autechnik, spesifikasi bukan L12 lagi namun sudah diganti L15Z kepunyaan Jazz. Di mana internalnya pun sudah di-upgrade seperti stang Brian Crower, dan piston CP Carrillo, head stud ARP.

Sementara turbonya menggunakan GTX 28 Owen, sistem electronic wastegate Turbosmart untuk membuang boost, pipa semua dikustom oleh YAG. Tidak sampai di sana, radiatornya menggunakan kepunyaan DC2, dan intercooler.

Jalur bensin juga dimaksimalkan dari tangki utama menggunakan pompa DW 65 265 lpj, menuju ke surge tank, selanjutnya ke pompa Bosch 044 340 lph. Ditambah lagi menggunakan fuel pressure regulator, dan water methanol injection.

Baca Juga : Spoon Sports Rilis Paket Upgrade Honda Civic Type R FL5

"Soal tenaga, di mesin sudah menyentuh sekitar 530 dk, namun karena saat digunakan di Sentul mobil tidak menapak maka spesifikasinya diturunkan menjadi 420 dk. Best time-nya saat ini 13.0 detik itu tahun 2019," jelas Jeje.

Melihat bagian interior, beberapa bagian sengaja dibuat terondol agar kesan mobil balap semakin kental, dilengkapi juga jok Recaro di sisi pengemudi, serta roll cage 6 titik sebagai pelindung. AC masih fungsional, namun headunit berpindah ke bagian bawah menggunakan single din, sebab tempat aslinya digunakan untuk engine cut off.

Kelengkapan lainnya ialah Fueltech 550 yang berfungsi sebagai ECU dan bisa menampilkan multi display pengganti spidometer asli. Serta Air Fuel Ratio gauges dari AEM dan boost meter. Setir juga diganti racing, dan shift knob Spoon.

Mobil ini juga sedang dijual oleh Jeje dengan harga pembuka Rp 399 jutaan, serta mendapat penghargaan Larry Chen Choise pada The Elite Showcase 2022 lalu. Bagaimana tertarik punya Brio terkencang di Indonesia?