POPULAR STORIES

Modifikasi Honda Civic VTi-S Limited R Dijejali Turbo

Modifikasi Honda Civic VTi-S Limited R Dijejali Turbo Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com - Andriano Diaz Santosa memang sudah sejak dulu menyukai Civic ES. Sempat memiliki mobil sedan tersebut, namun harus dijual karena untuk modal usahanya. Kini, dirinya balas dendam membangun Civic VTi-S Limited R dengan tenaga turbo. Penasaran bagaimana spesifikasinya? Yuk kita bahas!

Mulai dari basisnya mobil ini lansiran 2001, dan uniknya ini merupakan varian Limited R yang lebih sporty. Untuk bagian eksterior, beberapa bodykit memang sudah asli bawaannya seperti lips depan, side skirt, dan diffuser belakang.

Namun ada penambahan lain misalnya lampu depan belakang sudah pakai model 3RS, lalu add on karbon di lips, kap mesin karbon kustom, dan bagasi karbon, tidak sampai di sana talang air Honda Access, spoiler menggunakan model RS, disematkan juga spoiler atap EGR, serta frame plat nomor JDM Honda Berliana Black sebagai pemanis.

Baca Juga : Komunitas Honda Owner Journalist Resmi Dideklarasi

Soal kaki-kaki, agar gaya semakin JDM maka dipilih pelek Volk Rays TE37 Sonic finishing Bronze ukuran 16 inci lebar 7J offset 25, namun harus ditambah spacer 5 mm di depan, dan 13 mm di belakang, dibalut ban Advan Neova ukuran 215/45 R16. Dipadukan sistem rem besar 4 pot dari AP Racing Pro5000R dan rotor 300 mm, sementara suspensi memaki coilover dari D2 tipe street agar masih nyaman harian.

Beralih ke mesin, menggunakan standarnya berkode D17 yang sama seperti Stream. Namun Diaz memberikan tambahan turbocharger supaya tenaganya semakin gila. Untuk internal hanya melakukan oversize 50, metal diganti ACL, serta intake D16.

Baca Juga : Ini Tujuan Honda Mulai Merambah Ke Platform Digital Metaverse

Lalu ditambahkan turbo TD04, wastegate Turbosmart, lalu blow off HKS, sementara pipa semuanya dikustom oleh ADR Motorsport. Sementara sistem knalpot semua dikustom oleh ADR Motorsport, hanya bagian muffler-nya JTC Titanium, dan sebagai pelengkap ada strutbar Spoon dari DC5. Soal tenaga di atas dynometer menoreh angka 250 dk.

"Untuk bangun mesin ini sebenarnya tidak terlalu lama, karena dari awal overhaul, lalu membuat jalur pipa. Total membangun mesin ini memakan waktu sekitar 3-4 bulan dari awal," ujar pemilik toko ADS Wheel ini.

Dari bagian interior, Diaz memaksimalkan tampilan yang sejatinya sudah sangat sporty. Misalnya dengan memasang setir dari Honda Integra DC5, lalu jok Recaro SR3 Millennium warna merah agar senada interior, karpet Type R, pedal aluminium dan short shift dan shift knob Hybrid Racing. Tidak lupa boost meter untuk memantau tekanan boost turbonya.

Sedikit bocoran, untuk membangun mobil ini Diaz sudah menghabiskan kocek kurang lebih Rp 400 jutaan termasuk mobilnya. Kedepannya masih ada beberapa project untuk mobil ini, salah satunya memasang sunroof. Ditunggu update mobilnya Sob!

Eksterior :

Bodykit Limited R

Spoiler RS

Roof Spoiler EGR

Talang air Honda Access

Frame plat nomor Honda JDM

Foglamp Honda Access Rainbow

Kaki-kaki :

Pelek Rays TE37 Sonic R16 x 7J ET25

Ban Advan Neova 215/45 R16

BBK AP Racing Pro5000R

Coilover D2 Street

Mesin :

Turbo TD04

Wastegate Turbosmart

Kustom pipa

Blow off HKS

Filter udara HKS

MSD Coil

Strutbar Spoon

Knalpot muffler JTC Titanium

Header ADR Motorsport

Interior :

Setir Integra DC5

Jok Recaro SR3 Millenium

Karpet Type R

Pedal sport Honda Access

Short shifter Hybrid Racing

Berita Terkait

Berita Terkait