POPULAR STORIES

Modifikasi Honda Civic Turbo Hatchback Aplikasikan Gaya JDM

Modifikasi Honda Civic Turbo Hatchback Aplikasikan Gaya JDM Foto : Deddy KabarOto.

KabarOto.com - Jika Sobat KabarOto butuh referensi untuk memodifikasi sebuah Honda Civic Turbo Hatchback, mungkin mobil milik Angga ini bisa jadi contohnya.

Ia adalah pemilik Honda Civic Hatchback tipe E lansiran 2019. "Sebenarnya konsepnya hanya mau dipakai harian. Namun karena sudah terlanjur tercebur maka bisa dibilang jadi street racing," ujar Angga.

Modifikasi yang dilakukan bisa dibilang sangat total, banyak komponen diimpor langsung dari Jepang, serta beberapa bagian aksesori juga diperhatikan cukup detail. Mulai dari pemilihan warna wrapping Racing Green yang ditimpa PPF, agar kesannya seperti cat mobil asli.

Baca juga: Modifikasi Honda HR-V Bertabur Part Mugen Dan Honda Access

Lalu bagian lampu utama Coplus dan gril diubah menggunakan lansiran J'S Racing membuat tampilannya jadi jauh lebih agresif di bagian depan. Dikombinasi lips spoiler karbon untuk mempermanis tampilannya, tidak lupa penggunaan lampu kabut Honda Access dan frame plate JDM warna Berliana Black jadi menu wajib melengkapi aura mobil Jepannya.

Lanjut ke bagian samping, ada side marker versi USDM, kemudian talang air dipilih menggunakan Mugen Jepang. Tidak ketinggalan kaca spion dengan kaca biru anti silau dan anti air, penambahan pelindung pegangan tuas pintu dari Mugen pun terpasang rapi di mobil ini. Ditambah pemasangan side skirt karbon di samping agar senada dengan bagian depan.

Untuk pelek, ini cukup menarik karena sang owner harus membeli dua set pelek, namun hanya menggunakan sepasang dari masing-masing. Model Rays CE28 warna bronze ukuran 18 inci, namun spesifikasinya berbeda antara depan dan belakang, di depan lebar 8,5J ET30 dibalut ukuran 235/40 R18 Advan Neova AD08R, sementara belakang lebarnya 9,5J ET40 dibalut 265/35 R18 Advan Neova AD08R.

Bagian pengereman menggunakan big brake kit lansiran Endless 6 pot dengan cakram 355 mm di depan, dan single pot oversize di belakang. Dikawinkan dengan suspensi coilover FTuned tipe GT agar masih nyaman digunakan harian, tapi bisa dipakai sirkuit.

Lanjut ke belakang, dipasangkan spoiler add on karbon dengan model dua buah ujung lancip yang unik. Lalu stoplamp juga ganti menggunakan Mugen dengan teknologi LED Bar, begitu juga bagian diffuser turut mengaplikasikan bahan karbon di mana desainnya jadi jauh lebih tegas.

Di bagian ruang mesin, mesin masih mempertahankan standarnya L15B7, berkapasitas 1.500 cc turbo, namun bagian turbo diganti menggunakan kepunyaan CR-V, lalu open filternya diganti HKS, dilengkapi CVT cooler Greddy supaya transmisi ada di suhu aman, serta bagian intercooler dan downpipe diganti lansidan PRL, serta finishing muffler HKS quadpipe. Semua itu dilengkapi pengaturan ECU dari Hondata sehingga tenaganya menjadi 265 dk saat dynotest.

Masuk ke kabinnya tidak kalah menarik, karena kita disambut pelindung door trim dan sill plate Mugen untuk memberi kesan premium. Bagian setir juga sudah diganti Mugen agar lebih nyaman digenggam, dan ada tatakan booster dari Seeker dengan booster dan oil temp Defi.

Baca juga: Modifikasi Speaker Hedon Rp450 Juta Di Honda Odyssey RB3, Rombakan Nyaris Rp3 Miliar

Sementara bagian headunit sudah diganti gunakan Pioneer yang sudah Hi-Res audio, serta bagian tuas transmisi diganti karbon sehingga tampilannya lebih minimalis, dilengkapi juga lampu ambient light Honda Access sebagai aksesori resmi.

Tidak sampai di sana bagian jok pun diganti Recaro SR7 supaya kesan sporty semakin kental, dibarengi penggantian karpet bludru Mugen, dan pedal alumunium Honda Access.

Untuk total habis berapa, Angga mengestimasikan biaya modifikasi keseluruhan hampir setara dengan harga mobilnya sendiri atau setara Rp 500 jutaan. Bagaimana menurut Sobat KabarOto, keren engga nih?