POPULAR STORIES

Modifikasi Royal Enfield Himalayan, Simple Tapi Keren

Modifikasi Royal Enfield Himalayan, Simple Tapi Keren

KabarOto.com - Thrive Motorcycles bersama Den Dimas berkolaborasi membangun Royal Enfield Himalayan menjadi motor modern dan keren. Sepeda motor custom ini menjadi wujud nyata dari passion dan antusiasme Den Dimas sebagai penggemar Royal Enfield.

Motor ini unik, karena keduanya sepakat menggunakan teknik 3D-printing dalam pengerjaannya. Teknik baru ini dapat menjadi inspirasi baru bagi para custom builder yang ingin mengeksplorasi ide-ide kreatif mereka.

Baca Juga: Royal Enfield Himalayan Dan Interceptor 650, Makin Gahar Dengan Custom Kit Ini

Modifikasi motor ini merupakan inisiatif Den Dimas datang ke Thrive untuk memodifikasi beberapa bagian dari Royal Enfield Himalayan tahun 2019 miliknya, tanpa perlu melakukan potongan rangka.

Thrive mengusulkan ide out-of-the-box, yaitu menggunakan elemen yang dicetak menggunakan 3D-printer sebagai cetakan utama, sehingga tidak perlu membentuk dan membengkokkan lembaran logam. Waktunya pun lebih singkat

Dalam proses modifikasi, Thrive melepas panel samping asli dan sepatbor belakang untuk melihat dengan jelas kerangka asli dan memindainya ke kanvas digital. "Lalu kami memasukkan sentuhan desain Dakkar Rally untuk sepeda motor Den Dimas," terang Barata Dwiputra (Design & Fabrication), Co-founder Thrive Motorcycle di booth Royal Enfield, IIMS Hybrid 2021.

knalpot stainless cusstom THRV

Dia yakin, ini akan menjadi kombinasi sempurna dengan rangka pabrikan Royal Enfield. "Setelah itu, kami mencetak panel depan baru dan menggabungkan panel bodi samping dengan spakbor belakang sebagai satu kesatuan,” tambah dia.

Ketika hasil cetakan 3D dirasa sudah memenuhi harapan, Thrive Motorcycles menambahkan fiber glass ke seluruh cetakan untuk bodi Royal Enfield Himalayan yang baru. Selain itu, Thrive juga menambahkan motor ini dengan elemen lain, seperti lampu sein THRV terbaru, footpegs THRV Odipus Mk 2, setang aluminium THRV Scrambler 7/8, knalpot stainless cusstom THRV, sistem kunci kursi cetak 3D, brace headlight 3D printed, tail tidy, undertail cover, dan passenger footstep cover.

“Saya sangat tertarik untuk memodifikasi Royal Enfield Himalayan ini," tutur Den Dimas. Karena, menurutnya, dia belum pernah melakukan kustomisasi menggunakan sepeda motor yang memiliki akar Inggris dan jiwa India.

Tema besar yang dibawa Thrive dalam sepeda motor custom ini terinspirasi oleh Porsche 911 RS, mobil edisi khusus yang dirancang oleh Porsche untuk Rothmans rally team untuk berlomba di musim 1984.

Baca Juga: Royal Enfield Himalayan Bakal Ditambah Beberapa Fitur Baru

Skema warnanya sungguh menarik perhatian dan Thrive mengaplikasikan kombinasi warna tersebut pada motor Den Dimas untuk meningkatkan atmosfer Rally. Nama custom-build ini, GT14 “Gemini T14”, juga memiliki tujuan yang sama dengan skema warna, artinya sepeda motor ini dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi jalan dan mudah bergaul dengan orang baru.