Modifikasi Simpel Gaya Elegan Mazda3 Sedan

Modifikasi Simpel Gaya Elegan Mazda3 Sedan Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Gaya modifikasi generasi Z biasanya tidak jauh dari street racing, dan sporty. Namun berbeda dengan anak muda asal Bali ini, Imanuel Pardede yang lebih memilih aliran elegan.

Selera yang ia punya juga tidak biasa, sebagai mobil harian, pria 20 tahun itu memilih Mazda3 Sedan. Menurutnya Mazda3 ini lebih jarang ketimbang versi Hatchback, juga masih belum banyak yang dimodifikasi.

“Menurut gue mobil ini menarik, karena jarang di jalan. Kalaupun ada keadaannya biasanya standar. Kalau versi hatchback populasinya sudah cukup banyak yang dimodifikasi,” jelas Imanuel.

Baca juga: Mazda2 Modifikasi Anti-Mainstream, Kandas Pakai Pelek JDM

Soal tampilan memang Mazda3 Sedang ini telah memberikan kesan eksklusif ketimbang versi hatchback yang sporty. Namun Imanuel lebih memainkan bagian kaki-kakinya, dengan memasang satu set BBS LM ukuran 18 inci dengan lebar 8J offset 38. Finishing-nya dipilih warna silver agar memperkuat aliran elegan.

Peleknya dibalut ban semi slick racikan Bridgestone Potenza RE008 ukuran 225/45 R18. Sementara agar tampilan sedikit lebih ceper dan manis, maka suspensi dilakukan ganti per menggunakan lowering kit dari CorkSport yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat.

“Soal konsep memang gue kurang suka dengan gaya seperti sporty dan street racing. Gue lebih suka gaya elegan dan simpel, jadi mobilnya terlihat clean. Apalagi garis desain Mazda3 ini sudah mendukung, ditambah aksennya krom jadi sudah cocok dengan selera gue,” jelasnya.

Baca juga: Modifikasi Toyota Mark X Gaya Street Racing, Nyaman Dipakai Harian

Lanjut ke performa mesin, Imanuel merasa mesin Skyactiv-G 4 silinder DOHC berkapasitas 2.000 cc ini sudah cukup mumpuni, ia hanya menambahkan pemanis seperti saluran intake dari AutoExe, lalu filter udara Simota agar asupan angin ke ruang bakar lebih kaya.

Kemudian sistem pembuangam kustom racikan Sokudo Exhaust, header dibiarkan standar, ubahan dimulai dari katalis hingga muffler. Serta dilakukan remap ECU sehingga tenaga naik jadi 182 dk dan 227 Nm.

Mengintip bagian kabin, tidak ada yang diubah olehnya. Karena bawaan Mazda3 Sedan sudah memenuhi kriteria untuk jadi mobil yang mewah. Jok, dasbor, doortrim semua sudah dibalut kulit, joknya pun elektrik dengan memory seat, serta pengaturan headunit pun mirip seperti sistem i-Drive di BMW.