POPULAR STORIES

Modifikasi Toyota Kijang Innova 2009 Ala Negeri Paman Sam

Modifikasi Toyota Kijang Innova 2009 Ala Negeri Paman Sam Modifikasi Toyota Kijang Innova 2009 Ala Negeri Paman Sam (Kipli)

KabarOto.com - Tak sedikit yang mengidamkan barang-barang aftermarket untuk memenuhi hasrat modifikasi kendaraan. Namun, hal sebaliknya justru dianut oleh Widitya Prayudi atau yang akrab dengan sebutan Didiet Bandietoz dalam mendandani Toyota Kijang Innova 2009 miliknya.

Pasalnya, Ia justru lebih menikmati modifikasi mobilnya dengan cara 'putar otak' atau 'mix n match' pakai produk-produk bawaan mobil lain. Dari beberapa karya hasil modifikasi Didiet sebelumnnya, Sobat pasti tahu Ia punya ciri dan memang dikenal kerap menyulap mobil-mobil negara Jepang dengan cangkok part mobil Amerika Serikat.

"Referensi saya dari modifikasi mobil-mobil SUV multi-purpose, tujuannya agar bisa bebas dipakai untuk semua medan dan kondisi jalan, sekaligus mumpuni ladeni jarak tempuh perjalanan yang jauh atau city slicker (dalam kota)," jelasnya pada KabarOto.

Baca Juga: Modifikasi Toyota Sprinter MX Saloon, Terbangkan Komponen Dari Luar Negeri

Ia melakukan facelift tampilan tipe V ini agar lebih segar, sekaligus siasati hilangkan sebagian ornamen krom yang kental agar terlihat senada dengan konsepnya.

Makin macho, Didiet juga mengaplikasikan lampu tambahan dari Hella, roof bar sekaligus dengan roof box-nya. "Detail juga saya tambah third brake lamp dan second reverse lamp. Biasanya orang pakai bracket tambahan, kalau saya, sengaja di bor agar terlihat rapi," beber pria yang berprofesi sebagai event organizer itu.

Tak cukup dengan hal tersebut, kaki-kaki diracik dengan suspensi lift kit custom dari pesanan Didiet agar makin tinggi dan tak limbung. Peleknya pakai OEM Ford Escape diameter 16 inci dibalut ban Maxxis Bravo 771 AT dengan profil 215/65/16 agar kelihatan gagah.

Baca Juga: Modifikasi Yamaha XMax, Ekstrem Naik 335 Cc Tambah Turbocharger

Sektor performa pun dioprek agar akselerasi makin spontan dengan remapping ECU ditambah throttle controller sekaligus Xtra ground cable 7 point. Agar gas buang makin lancar Didiet juga melakukan modifikasi pada bagian katalis dikombinasikan dengan tailpipe custom ala SUV Negeri Paman Sam. Menariknya, waktu sesi pemotretan dengan KabarOto, konsumsi bbm Innova bensin yang terkenal 'haus' bisa tunjukkan angka 10 kpl dengan ubahan tersebut namun tetap responsif.

Kabinnya tak banyak ubahan karena menurut Didiet sudah cukup nyaman untuk membawa keluarga. Hanya diubah estetikanya menggunakan headrest custom, captain seat di baris ke-2, dan menggunakan head unit Android untuk sistem entertainment.

"Saya memilih mobil ini untuk modifikasi karena fungsional. Dimensinya yang masih tergolong "aman" untuk blusukan di dalam kota dan luar kota, sekaligus sanggup mengakomodasi 7 orang penumpang dengan nyaman. Perawatan juga tergolong mudah dan harga spare parts terjangkau, mobil sejuta umat lah ya, hehehe," tutupnya.