MotoGP Argentina 2019: Marquez Tak Terbendung, Rossi Menangi Duel Dengan Dovi

MotoGP Argentina 2019: Marquez Tak Terbendung, Rossi Menangi Duel dengan Dovi Marc Marquez (ist)

KabarOto.com - Balapan MotoGp 2019 seri ke-2 yang berlangsung di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina Senin (01/04/2019) dini hari WIB, berlangsung dengan sengit dan mendebarkan. Khususnya aksi saling susul antara Andrea Dovizioso dan Valentino Rossi.

Saat lampu start menyala, pembalap Repsol Honda Marc Marquez yang memulai balapan sebagai pole sitter langung tancap gas meninggalkan lawan-lawannya. Bahkan Marquez sukses menjauh hingga dua sampai tiga detik, di awal-awal race dari pembalap di belakangnya.

Baca Juga: Mandalika Dipoles Habis-habisan Untuk Jadi Sirkuit MotoGP 2021 Mendatang

Sementara itu, persaingan di baris kedua dimeriahkan oleh tujuh pembalap sekaligus yang mampu bersaing ketat dalam jarak waktu yang tipis. Namun, Cal Crutchlow harus tersisih dari persaingan itu, lantaran harus menjalani penalti seusai dinilai melakukan pelanggaran berupa jump start.

Aksi saling susul antara Rossi dan Dovi

Menjelang akhir lap pertama, Rossi yang start dari peringkat keempat sempat menyodok ke posisi kedua sebelum kembali turun setelah kalah duel dengan Dovizioso. "Saya mengikuti Dovi, berusaha tetap bersamanya. Saya tahu harus menemukan ketepatan untuk mengalahkannya," kata Rossi, pembalap Monster Energy Yamaha seperti dikutip dari Crash.

Setelah 10 dari 25 lap, Marquez makin menjauh hingga terpaut waktu tujuh detik, dan keunggulannya memuncak dengan catatan waktu lebih dari 12 detik pada tahap terakhir, sebelum ia akhirnya ia berhasi finis dengan jarak 9,8 detik.

Hasil akhir di podium

kemenangan tersebut sekaligus merupakan kemenangan ketiga kalinya di Termas de Rio Hondo. Sebelumnya Marquez meraih podium tertinggi di Sirkuit tersebut pada tahun 2014 dan 2016.

Dengan dominannya penampilan Marquez, duel pembalap asal Italia pun mewarnai MotoGP Argentina. Terus mendapat tekanan kuat dari Rossi, Dovizioso akhirnya menyerah. The Doctor akhirnya berhasil menaklukkan DesmoDovi di Tikungan 7 pada lap terakhir.

Baca Juga: Demam Winglet Di Tes Pramusim MotoGP 2019

Di posisi keempat berhasil timepati pembalap asal Australia, Jack Miller, usai mengalahkan Alex Rins. Kemudian posisi keenam menjadi milik Petrucci, dilanjutkan pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami yang berhasil finis ketujuh.

Raihan apik ditorehkan pula oleh Fabio Quartararo. Ia membawa Petronas Yamaha SRT pada urutan kedelapan. Sedangkan Espargaro bersaudara secara berurutan mengisi posisi kesembilan dan ke-10. Sementara itu, nasib sial dialami Morbidelli dan Vinales. Keduanya terlibat insiden di Tikungan 7 pada lap terakhir. Ada pun, Jorge Lorenzo finis ke-12.