MotoGP Australia 2021 Resmi Dibatalkan, Ini Penggantinya

MotoGP Australia 2021 Resmi Dibatalkan, Ini Penggantinya Ilustrasi MotoGP Australia 2019

KabarOto.com – MotoGP Australia 2021 resmi dibatalkan akibat masuknya varian baru Covid-19 ke negeri Kanguru tersebut.

Menurut jadwal sebelumnya, GP Australia akan dihelat pada 24 Oktober 2021 di Sirkuit Philip Island. Tetapi, melihat kondisi global yang masih belum menentu akibat pandemik Covid-19 yang membuat balapan dibatalkan kembali.

Baca Juga : Dapat Jatah Wildcard, Dani Pedrosa Siap Ikutan MotoGP San Marino 2021

MotoGP Algarve (Portugal) menjadi penggati GP Australia

Apalagi pihak pemerintah Australia kembali mengetatkan larangan bagi para pendatang. Tentu, dengan ketentuan tersebut akan membuat perjalanan para pembalap dan tim menjadi terkendala. Oleh karena itu, pihak Doran, IRTA dan Federasi Motor Internasional (FIM) memutuskan untuk membatalkan GP Australia.

“FIM, IRTA, dan Dorna Sports dengan berat hati mengumumkan pembatalan MotoGP Australia. Pandemik Covid-19 yang sedang berlangsung dan komplikasi perjalanan yang muncul, serta pembatasan logistik membuat seri tersebut tidak dapat dikonfirmasi untuk saat ini. Oleh karena itu, balapan Australia tidak akan ditampilkan di kalender 2021,” ungkap pernyataan resmi Dorna Sports.

Dengan pembatalan GP Australia membuat pihak Dorna kembali mengubah kalender MotoGP 2021 yang sempat berubah beberapa waktu lalu karena pembatalan GP Finlandia dan Jepang. Selain itu, GP Malaysia yang semua digelar pada 31 Oktober, maju satu pekan ke 24 Oktober yang awalnya menjadi tanggal balapan di Australia.

Baca Juga : 2 Seri MotoGP Di Red Bull Ring Boleh Dihadiri Penonton

Revisi jadwal baru MotoGP 2021

Sebagai gantinya, Portugal dimasukan ke dalam kalender baru MotoGP 2021 pada 7 November mendatang dengan nama MotoGP Algavre 2021. Artinya, Srikuit Algarve menjadi tuan rumah untuk kedua kalinya di musim ini. Pasalnya, seri GP Portugal sudah berlangsung pada 18 April lalu.

Seri penutup MotoGP 2021 akan tetap digelar di MotoGP Valencia pada 14 November mendatang. Sedangkan, seri GP Indonesia masih dalam status sirkuit cadangan. Dan, GP Argentina masih menunggu kepastian dari pihak Dorna.