MotoGP Emilia Romagna 2021: Duo Honda Podium, Quartararo Juara Dunia

MotoGP Emilia Romagna 2021: Duo Honda Podium, Quartararo Juara Dunia Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, sukses meraih gelar Juara Dunia MotoGP 2021 meski hanya finis posisi ke-4.

Quartararo berhasil menyelesaikan balapan di Sirkuit Misano dan berhak keluar sebagai juara dunia MotoGP musim ini. Ia meraih gelar usai mendapatkan drama pada lap-lap terakhir dan disalip oleh Enea Bastianini (Esponsorama Racing). Sang pesaing utama, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) mengalami insiden.

Dengan hasil ini, El Diablo mengukir sejarah menjadi pembalap Prancis pertama yang mampu menjuarai kelas utama. Selain itu, pembalap bernomor 20 itu juga memberikan gelar juara untuk Yamaha sejak diraih terakhir kali oleh Jorge Lorenzo.

“Saya tidak bisa mengutarakannya dengan kata-kata. Hari ini sangat spesial untuk saya, saya juga tidak percaya bisa meraih juara dunia rasanya seperti mimpi,” ungkap sang Juara Dunia MotoGP 2021.

Pada sesi latihan bebas dan kualifikasi, dirinya sempat tidak percaya diri karena meraih hasil yang buruk. Sementara, Bagnaia mampu tampil kuat selama akhir pekan ini. Quartararo sendiri memulai balapan dari posisi ke-15. Perlahan tapi pasti, dirinya mampu melewati beberapa pembalap.

Di sisi lain, Bagnaia mampu memimpin sepanjang balapan berlangsung yang disusul oleh rekan setimnya, Jack Miller (Ducati Lenovo). Duo pembalap Ducati itu dibuntuti oleh Marc Marquez (Repsol Honda) yang mampu tampil konsisten dengan jarak baris terdepan.

Marquez posisi pertama

“Balapan di Misano kedua kalinya ini sangatlah membutuhkan perjuangan. Saya tetap berusaha keras dan mampu menjaga gap dengan Bagnaia. Walaupun saya mampu memberikan tekanan tetapi Pecco mampu meraih waktu tercepat. Hari ini sangat spesial untuk saya dan juga Quartararo, selamat untuk dirinya,” ungkap Marc Marquez.

Sayangnya, sang pelindung Miller mengalami kecelakaan di tikungan ke-12 lap ke-5. Tentu, hal itu membuat Marquez makin dekat diikuti oleh Pol Espargaro (Repsol Honda). Tentu, hal tersebut membuat Bagnaia yang biasanya menyimpan ban untuk sisa-sisa lap terakhir tidak berhasil karena MM93 terus memberikan tekanan.

“Saya mampu mendapatkan feeling saat sesi latihan dan kualifikasi. Balapan hari ini cukup susah dan ban belakang saya. Saya tadi mampu menyalip Miguel dan dia mampu memberikan tekanan ke saya. Tetapi, akhirnya saya mampu menjaga jarak dengannya,” ungkap Pol Espargaro.

Tentu, ini menjadi duel sengit antara kedua rider tersebut usai Aragon. Pada lap ke-16, Pecco berhasil mencetak waktu lap tercepat di lap ke-16 dengan 1:32,171 detik. Namun, lap ke-23 tikungan ke-15 Pembalap bernomor 63 itu mengalami kecelakaan dan gagal untuk bersaing meraih gelar Juara Dunia musim 2021.

Dengan begitu, Quartararo otomatis menempati posisi ke-3. Sayangnya, dua lap terakhir dirinya disalip oleh Enea Bastianini dan harus rela finis posisi ke-4. Balapan ditutup oleh Marc Marquez posisi ke-1, Espargaro ke-2 dan Bastianini ke-3.

“Di lap-lap terakhir saya mampu melewati batas saya dan feeling balap saya hari ini juga sangat baik. Saat Fabio di depan saya, saya mencoba untuk menyalipnya dan akhirnya saya berhasil hingga garis finis. Hari ini juga sangat disayangkan Pecco mengalami kecelakaan dan selamat kepada Quartararo,” ungkap Enea Bastianini.

Berikut Hasil MotoGP Emilia Romagna 2021:

1.Marc Marquez (Repsol Honda) 41:52,830 detik

2.Pol Espargaro (Repsol Honda) +4,859 detik

3.Enea Bastianini (Esponsorama Racing) +12,013 detik

4.Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +12,775 detik

5.Johann Zarco (Pramac Racing) +16,458 detik

6.Alex Rins (Suzuki Ecstar) +17,669 detik

7.Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +18,468 detik

8.Maverick Vinales (Aprilia Racing) +18,607 detik

9.Luca Marini (Sky Racing Team VR46) +25,417 detik

10.Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) +27,735 detik

11.Brad Binder (Red Bull KTM) +27,879 detik

12.Michele Pirro (Test Rider Ducati) +28,137 detik