POPULAR STORIES

MotoGP Qatar 2020 Tak Digelar, Rancangan Baru Aprilia RS-GP Batal Disibak

MotoGP Qatar 2020 Tak Digelar, Rancangan Baru Aprilia RS-GP Batal Disibak

KabarOto.com - Kabar dibatalkannya kelas MotoGP di Qatar, pekan ini, (8/3), membuat Aprilia Racing Team Gresini mengurungkan niatnya memperkenalkan motor balap terbaru Aprilia RS-GP 20 untuk musim MotoGP 2020. Adapun motor tersebut usai di uji coba di Sepang, Malaysia dan pekan lalu sempat tes juga di sirkuit Losail, Qatar 21 Februari.

Padahal, Aprilia RS-GP 20 terbaru ini diharapkan bisa bersaing dengan manufaktur seperti Honda, Ducati dan Yamaha bahkan lebih komeptitif dari Suzuki. Diyakini dirancang dengan mengoptimalkan banyak aspek. Mulai dari desain yang lebih aerodinamis hingga mesin V90 terbaru yang diklaim lebih bertenaga.

Baca Juga: Lorenzo Akan Jadi Pembalap Penguji Aprilia RS-GP

Aprilia RS-GP juga dioptimalkan hingga girboks seamless eksklusif dan double rail frame berbahan alumunium, adapun bahan tersebut juga digunakan untuk swing arm.

Aprilia juga berencana memulai musim MotoGP 2020 dengan livery baru, Sob. Nah, selain memperkenalkan motor balap barunya, Aprilia Racing Team Gresini juga mengumumkan struktur tim di ajang MotoGP 2020. Kini Massimo Rivola didaulat sebagai CEO Aprilia Racing Team Gresini dibantu oleh Direktur Teknis Romano Albesiano.

Sementara di kedua sisi garasi paddock akan dikelola Antonio Jimenez dan Pietro Caprara, keduanya merupakan kepala kru yang sudah berpengalaman paddock MotoGP.

Baca Juga: Gaet Legenda MotoGP, Aprilia RS660 Bakal Diluncurkan Mei 2020

Kabar baik ini sayangnya harus berlalu begitu saja karena badan-badan yang menangani grand prix, seperti FIM, IRTA, dan Dorna membatalkan penyelenggaraan. MotoGP Qatar sebelumnya dikabarkan akan tetap digelar, namun Italia kini sedang mengalami masalah serius dengan virus corona atau Covid-19.

Kabar terbaru, (2/3) sudah tercatat 1.128 kasus di Italia. Akibatnya, seluruh penumpang dari Italia harus menjalani karantina terlebih dahulu selama 14 hari.

Baca Juga: Duh! Akibat Virus Corona, MotoGP Qatar 2020 Dibatalkan

"Karena pembatasan kunjungan ke Qatar terutama dari penumpang asal Italia (di antara negara-negara lain), kelas MotoGP tidak akan digelar di Losail. FIM, IRTA, dan Dorna dengan menyesal mengumumkan pembatalan seluruh sesi dari kelas MotoGP di Grand Prix Qatar, termasuk balapan," ungkap pernyataan resmi FIM.