POPULAR STORIES

Kualifikasi MotoGP Spanyol: Rossi Akui Yamaha Mulai Kencang, Tapi Kecepatan Honda Bikin Nyali Ciut

Kualifikasi MotoGP Spanyol: Rossi Akui Yamaha Mulai Kencang, Tapi Kecepatan Honda Bikin Nyali Ciut Valentino Rossi (foto: Crash)

Kabaroto.com - Pembalap andalan Movistar Yamaha, Valentino Rossi menegaskan sudah puas dengan kecepatan tunggangannya setelah sebelumnya kesulitan selama menjalani latihan. Di satu sisi, ia juga terkesima dengan performa Honda.

Rossi sempat mengalami kesulitan saat melakoni dua sesi latihan awal pada Jumat (5/5) di mana ia tak bisa masuk ke dalam 10 besar pembalap tercepat. Untungnya, the Doctor mampu belajar dari kesalahan dan mulai bersaing di jajaran atas selama dua sesi latihan terakhir, Sabtu (6/5).

Namun demikian, Rossi akan memulai start MotoGP Spanyol di baris ketiga setelah hanya mampu menempati peringkat ketujuh di sesi kualifikasi dengan catatan waktu 1 menit 38,908 detik, terpaut 0,659 dari Dani Pedrosa yang menempati posisi pole.

"Hari ini secara umum tak buruk. Kami meningkatkan kemampuan motor. Pagi ini, saat latihan, saya cukup bagus. Finis lima besar. Itu target bagus untuk kualifikasi. Juga, kecepatan saya tidak fantastis, tapi cukup bagus. Cukup cepat," beber Rossi dilansir Crash.

"Sayangnya saat kualifikasi, saya tak mampu mencatat waktu dengan benar, bukan putaran sempurna. Saya tak senang karena saya harus start dari baris ketiga, yang memang lebih sulit. Seharusnya lima besar, pastinya lebih baik untuk balapan,"

"Namun demikian, kami masuh harus bekerja terutama saya memaksi kinerja motor. Saya tak nyaman 100 persen. Saya masih punya masalah dengan memasuki tikungan. Maka sangat penting pekerjaan dari sekarang sampai besok. Kami akan melakukan pemanasan, 20 menit untuk menjajal dan meningkatkan performa motor."

Satu hal yang pasti, selama empat sesi latihan dan dua kualifikasi, Honda selalu menjadi yang tercepat. Baris terdepan MotoGP Spanyol bahkan dihuni oleh tiga pembalap Honda, yakni di urutan pertama Dani Pedrosa (Repsol Honda), disusul kemudian Marc Marquez (Repsol Honda) dan Cal Crutchlow (LCR Honda).

"Kami harus melihat kondisi besok. Sepertinya cuaca bakal sangat panas. Pemilihan ban akan krusial. Sepertinya, pilihan yang lebih sulit dalam balapan ini adalah jarak lintasan dan sayangnya bagi kami, itu menguntungkan Honda,"

"Yamaha punya beberapa masalah dan tak cukup cepat. Kami harus meningkatkan pengaturan dan memilih ban yang tepat dan kita tunggu saja apa yang akan terjadi," demikian pendapat Rossi.