POPULAR STORIES

Motor Susah Nyala Setelah Ditinggal Mudik, Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Motor Susah Nyala Setelah Ditinggal Mudik, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya Motor yang ditinggal mudik oleh pemiliknya (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Selain menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor, transportasi publik seperti kereta api, bus dan pesawat menjadi pilihan yang praktis untuk mudik. Motor pun ditinggal di rumah dalama waktu yang cukup lama. Setelah kembali dan akan beraktivitas, biasanya kuda besi itu pun sulit untuk dinyalakan, lalu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Baca Juga: Bagi Pemudik Lebaran, Ini Tips Jika Motor Sobat Susah Pindah Gigi

Pian, dari bengkel motor KJP menjelaskan, bahwa itu bukan masalah serius, bisa ditangani dengan mudah. Kabel aki saat tidak digunakan lupa dicopot. "Biasanya hal itu terjadi karena aki ngedrop, pemilik motor lupa nyopot kabel aki," tutur Pian.

Menggunakan kick starter untuk menyalakan motor yang lama tidak dipakai (Foto: KabarOto)

Penanganannya pun cukup mudah, cukup disela dengan kick starter selama beberapa menit. "Nggak langsung nyala, sampai beberapa menit gitu nanti dia akan nyala," tambahnya.

Lalu bagaimana dengan motor yang tidak dibekali kick starter? caranya dengan jumpstart aki. “Jumpstart mudah, sekali aja, nanti motor bisa langsung nyala kok," tuturnya.

Baca Juga: Mau Membeli Mobil Tua? Begini Tips Memilihnya

Tetapi, jika sudah jumpstart aki berkali-kali tidak bisa hidup juga, aki tersebut menurut Pian sudah soak dan harus diganti. Jika masalah ini sudah terjadi, sebaiknya pemilik motor membawa ke bengkel terdekat. "Mekanik udah tau biasanya kalau ada masalah ini. Paling ganti aki itu, udah langsung bisa setelah itu," tambahnya.