POPULAR STORIES

Motor Terendam Banjir, Cek Keadaan Rantai

Motor Terendam Banjir, Cek Keadaan Rantai Rawatlah rantai motor setelah terendam banjir (foto: istimewa)

Belakangan ini cuaca sedang tidak menentu, curah hujan yang tak dapat di prediksi mengakibatkan banjir di beberapa ruas jalan di berbagai wilayah, tidak hanya banjir saja, seringnya turun hujan juga bisa mempengaruhi keadaan rantai motor.Maka dari itu lebih ekstralah dalam memperhatikan keadaan rantai motor saat sekarang ini.

Banyak motor yang kurang diperhatikan saat hujan dan terkena genangan banjir adalah rantai, padahal rantai merupakan salah satu komponen penting dalam kendaraan roda dua. Rantai yang sering terkena air hujan atau banjir sering menjadi tempat berkumpulnya kotoran, yang berimbas kurang maksialnya kerja rantai.

"Rantai sepeda motor yang sering terkena air hujan dan genangan air banjir, akan berakibat kurang maksimalnya kerja rantai. Banyak kotoran yang akan menyumbat antara sambungan rantai yang satu dengan yang lainnya, bahkan akan berakibat pengaratan pada bagian tersebut." Ungkap Irfan seorang mekanik di bengkel Fans Variasi Motor di wilayah Kelapa Gading Jakarta Utara kepada KabarOto.

"Untuk menanggulangi keadaan rantai sepeda motor yang habis terendam banjir, sebaiknya rantai di beri pelumas agar rantai bisa bergerak dengan lentur dan tidak kaku, dan sebagai penghilang suara berisik akibat gesekan," pungkas Irfan.