POPULAR STORIES

Motori Minarelli Berhasil Membuat Mesin Dua Tak Dengan Standar Euro 5

Motori Minarelli Berhasil Membuat Mesin Dua Tak dengan Standar Euro 5 Mesin dua tak karya Motori Minarelli (foto : Motori Minarelli)

KabarOto.com – Perusahaan otomotif asal Italia, Motori Minarelli baru-baru ini membuat gebrakan dengan menghadirkan mesin dua tak yang memiliki standar emisi Euro 5.

Baca Juga : Para Rider WR 155 R Area Bali Dapat Pelatihan Riding Di Jalur Offroad

Fantic XE300

Mesin dua tak ini merupakan unit satu silinder berkapasitas 300 cc yang dirancang dan dikembangkan sendiri oleh Motori Minarelli. Mesin ini mengambil basis dari mesin motor enduro, Yamaha YZ250 dan akan segera dipasangkan di motor Fantic XE300.

Fantic XE300 sendiri akan masuk ke pasar Eropa sekitar musim panas 2023 mendatang. Meskipun XE300 termasuk motor off-road, motor ini sepertinya bisa menjadi motor road legal karena telah memenuhi standar Euro 5.

Baca Juga : Bikers, Begini Caranya Merawat Jaket Motoran

Demi bisa mencapai target Euro 5, pihak Motori Minarelli membekalinya dengan sistem injeksi bahan bakar elektronik, start elektrik, dan katup buang untuk mengoptimalkan performa jarak rendah dan menengah. Mesin ini juga dilengkapi dengan sistem dekompresi yang dapat membatu mengurangi momentum mekanis saat start-up. Dengan dekompresi ini, pihak pabrikan klaim motor dapat berjalan kembali dengan mudah setelah berhenti.

Dengan modifikasi yang cukup banyak di mesin tersebut, membuat tenaganya tidak bisa mencapai 50 dk dari mesin motor dua tak lainnya. Tetapi, mesin ini memiliki pengiriman tenaga yang lebih mulus dan lebih halus saat pengendara menaikan putaran mesin.