POPULAR STORIES

Bikers, Begini Caranya Merawat Jaket Motoran

Bikers, Begini Caranya Merawat Jaket Motoran Kipli

KabarOto.com - Tak hanya pencegah panas dan debu, jaket biker pun berfungsi sebagai pelindung tubuh sang pengendara motor.

Kini, jaket bagi para bikers sudah menjadi tren dan mewakili identitas mereka. Pilihan jenis jaket pun saat ini cukup beragam yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pengendara.

Nah, berikut tips cara merawat jaket biker dari Wahidin selaku Senior Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers.

Baca Juga: Jangan Asal Pilih Jaket Touring, Ini Caranya

Mencuci jaket

Semua jenis pakaian, termasuk jaket, tentunya perlu dicuci secara berkala agar terjaga kebersihannya. Untuk para biker atau yang sering menggunakan jaket saat bepergian, direkomendasikan untuk mencuci jaket 1 kali seminggu.

Perlu diingat, setiap jenis pakaian memiliki siklus dan cara pencuciannya sendiri, "Seperti material kulit dan parasut kami rekomendasikan untuk tidak mencuci menggunakan mesin cuci," ujarnya.

Tips untuk mencuci jaket dengan bahan kulit atau parasut yaitu dengan cara manual atau mencuci menggunakan tangan.

Siapkan wadah dan air bersih, lalu rendam jaket 20-30 menit menggunakan deterjen khusus pakaian. Setelah direndam dengan waktu yang cukup, mulai cuci atau kucek bagian yang kotor dengan menggunakan tangan dan sikat gigi secara perlahan.

"Gunakan air mengalir tekanan sedang untuk membilas. Setelah itu peras dengan perlahan dan langsung dijemur menggunakan gantungan baju," imbuhnya.

Baca Juga: Viral Kecelakaan Di Persimpangan, Ini Kata Instruktur Safety Riding

Menyetrika jaket

Jaket yang berbahan kain, suhu pada setrika bisa diaktifkan dengan maksimal yaitu 100 derajat namun perlu diingat dalam proses setrika harus secara perlahan dan jangan terlalu ditekan.

Jaket berbahan parasut dan polyester disarankan menggunakan suhu maksimal 20 derajat dengan menyetrika perlahan, karena jaket yang berbahan parasut dan polyester tidak tahan terhadap suhu yang terlalu panas.

Sedangkan untuk jaket berbahan kulit jika ingin disetrika disarankan hanya bagian dalamnya saja. Bagian luar bisa menggunakan kipas angin untuk proses pengeringannya.

Menyimpan jaket

Setelah jaket rapi, bisa langsung disimpan di lemari. Untuk jaket berbahan kain bisa disimpan dengan cara dilipat, sedangkan jaket berbahan parasut, polyester dan kulit bisa menggunakan gantungan baju.

"Usahakan jangan terkena matahari langsung serta hindari lemari yang lembab agar jaket selalu rapi, tidak berbau dan berjamur.