POPULAR STORIES

Mudik Bareng Si Kecil, Perhatikan 5 Hal Berikut!

Mudik Bareng si Kecil, Perhatikan 5 Hal Berikut! Tips mudik bareng Si Kecil (Foto: KabarOto.com)

KabarOto.com - Mudik Lebaran bersama keluarga merupakan momen penting. Selain menyiapkan kondisi kendaraan, bagi pemudik yang membawa anak berumur 1-6 tahun, perlu memperhatikan sejumlah hal.

Biasanya, anak berumur 1 hingga 6 tahun akan aktif sekali melakukan banyak kegiatan sepanjang perjalanan di dalam mobil. Hal ini tentu sulit untuk diawasi oleh para orang tua. Apalagi yang baru pertama kali membawa anak saat mudik.

Nah, berikut adalah 5 hal yang perlu diperhatikan saat mudik Lebaran bersama anak kecil:

Baca Juga : Tips Berkendara Saat Berpuasa, Jangan Gampang Emosi

Perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi

1. Gunakan Car Seat
Supaya aman dalam perjalanan, dudukkan si kecil di car seat, jangan lupa pasangkan safety belt, posisikan car seat menghadap belakang untuk anak usia di bawah 2 tahun dan hadapkan ke depan bagi anak usia di atas 2 tahun, dan tempatkan car seat di row seat kedua mobil. Sebaiknya ada juga yang menemani si kecil di sebelahnya untuk memberikan keamanan ekstra.

2. Bawalah mainan atau buku kesukaan si kecil
Jangan lupa bawa mainan atau buku favoritnya. Jadi, daripada si kecil bosan di jalan hingga rewel, Sobat Kabaroto bisa memberikan mainan atau bacakan cerita favoritnya agar dia kembali tenang dan happy.

Baca Juga : Tips Memiliih Lampu LED Untuk Berkendara Aman Dan Nyaman

Periksa kondisi mobil sebelum mudik Lebaran

3. Bawa tas perlengkapan dan cemilan
Bawalah tas yang cukup besar untuk memuat seluruh perlengkapan si kecil, terutama untuk membawa baju ganti, popok, kaos kaki, dan peralatan-peralatan lainnya. Bawalah juga makanan kesukaan si kecil seperti makanan pendamping ASI, biskuit instan, atau buah-buahan untuk cemilan selama perjalanan.

4. Aktifkan Child Safety Lock
Sangat berbahaya jika tiba-tiba si kecil yang aktif membuka pintu mobil di tengah perjalanan. Lebih baik sebelum memulai perjalanan, pastikan untuk mengaktifkan child safety lock pada pintu kursi penumpang agar si kecil tidak bisa membuka pintu dari dalam.

5. Periksa kondisi kendaraan
Memeriksakan mobil dengan baik tentu membuat perjalanan terasa nyaman, tak terkecuali untuk si kecil. Jangan sampai kondisi mobil yang tidak optimal. Cek mobil keseluruhan atau punya asuransi yang bisa melindungi mobil dan keluarga.