POPULAR STORIES

Mudik Lebaran Pakai Sepeda Motor Irit BBM Bukan Hal Mustahil, Ikuti Langkah Ini

Mudik Lebaran Pakai Sepeda Motor Irit BBM Bukan Hal Mustahil, Ikuti Langkah Ini Mudik Lebaran Pakai Sepeda Motor Irit BBM Bukan Hal Mustahil, Ikuti Langkah Ini (Kipli)

KabarOto.com - Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, tahun ini ada lebih dari 31 juta pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk pulang ke kampung halamannya. Perjalanan yang jauh membuat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) motor cenderung menjadi boros. Namun, Sobat bisa siasati dengan tips berikut agar motor irit BBM saat dibawa mudik Lebaran.

Baca Juga: Mudik Lebaran Pakai Motor di Musim Hujan, Waspadai Area Berikut Ini

Ban dan pelumas yang sesuai kebutuhan motor

"Bisa periksa tekanan ban, pastikan sesuai dengan rekomendasi yang sudah pabrik sarankan. Alur ban perlu diperiksa, jika sudah tipis sebaiknya segera ganti ban motor untuk kenyamanan dan keselamatan mudik Lebaran," buka Yongki Jaya selaku Mekanik Yamaha Chandra Jaya Motor, Tangerang Selatan.

Ia menambahkan, agar Sobat menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin motor. Oli yang tepat dipercaya akan membantu menjaga efisiensi kinerja mesin juga bahan bakar selama perjalanan jauh.

"Semakin berat bobot yang ditanggung sepeda motor, maka semakin banyak bahan bakar yang terbuang karena putaran gas pun harus lebih terbuka lebar dari yang seharusnya. Baiknya hindari membawa barang yang tidak perlu. Jika terpaksa membawa barang bawaan, usahakan untuk membawanya seminimal mungkin," katanya.

Baca Juga: Korlantas Polri Tegaskan Siap Kawal Pemudik Sepeda Motor Lebaran 2024

Hindari perilaku mengemudi serba mendadak

Tak kalah penting, Yongki menyarankan untuk meminimalisir tarik tuas gas dan mengerem secara mendadak. "Selain membuat mesin bekerja lebih keras dan boros bensin, kebiasaan seperti ini juga membuat kampas rem motor akan cepat habis. Baiknya jaga kecepatan dengan stabil dan sesuai dengan kondisi jalan," tandas pria bertubuh ramping itu.

Jika terjebak kemacetan parah atau berhenti dalam waktu yang lama, Ia menyarankan untuk mematikan mesin motor, karena hal ini akan menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang yang ada pada motor. "BBM bisa lebih irit dalam jangka waktu tertentu jika cara-cara itu diaplikasikan dengan baik dan benar," tutupnya.