POPULAR STORIES

Mudik Pakai Mobil Diesel, Ini Persiapan Yang Dilakukan

Mudik Pakai Mobil Diesel, Ini Persiapan yang Dilakukan Foto : Rizky / KabarOto

KabarOto.com – Lebaran 2023 hanya tinggal menghitung hari, untuk persiapan menggunakan mobil diesel ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan persiapkan.

Guna melakukan perjalanan jauh, menggunakan mobil diesel tentu harus memiliki persiapan. Salah satunya adalah mengecek bagian yang paling penting yaitu mesin.

Baca juga: Mudik Pakai Mobil Diesel? Diesel Date Hadirkan Paket Promo Servis Ramadhan

Hal paling penting melakukan servis ringan

“Sebelum melakukan perjalan, pastinya harus melakukan servis ringan ya seperti melakukan pembersihan intake manifold dan turbo. Supaya performa mesin tetap maksimal, karena untuk beberapa daerah mungkin harus melewati tanjakan dan tetap irit bahan bakar,” ungkap Rama selaku mekanik Diesel Date.

Tidak lupa, salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan yaitu filter solar. Ada baiknya untuk melakukan penggantian lebih awal. Pasalnya, hal ini dilakukan untuk mencegah filter solar kotor saat sedang dalam perjalan.

Baca juga: Tips Mencegah Mobil Mogok Saat Mudik Lebaran

Jangan lupa mengganti filter solar

Pun demikian dengan filter oli dan oli mesin yang lebih baik diganti. Dengan oli dan filter oli baru, akan membuat kinerja mesin lebih maksimal dan aman. Terlebih mesin diesel yang menggunakan turbo dan memiliki tenaga yang cukup besar ini mengandalkan oli dari mesin. Menjaga kebersihan udara pun penting dengan mengganti filter udara bila dirasa sudah kotor.

Untuk menjaga kenyamanan kabin, jangan lupa melakukan pemeriksaan filter AC. Pasalnya, jika filter AC sudah kotor akan menimbulkan bau tidak sedap serta AC yang tidak dingin.