POPULAR STORIES

Mulai 24 Juni 2018 Wanita Arab Saudi Bebas Mengemudi Mobil

Mulai 24 Juni  2018 Wanita Arab Saudi Bebas Mengemudi Mobil Wanita Arab Saudi (Foto: Istimewa)

KabarOto.com- Mulai 24 Juni mendatang, wanita Arab Saudi diizinkan mengemudi mobil di wilayah kerajaan. Keputusan itu disampaikan Direktur Jenderal Departemen Lalu Lintas Arab Saudi, Jenderal Mohammed Bassami, Selasa (8/5/2018) lalu.

Surat keputusan itu berbunyi, setiap wanita yang telah berusia 18 tahun ke atas diizinkan mengajukan permohonan pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi).

Untuk mendukung kebutuhan tersebut, pemerintah membangun sekolah mengemudi khusus wanita yang tersebar di lima kota besar kerajaan Saudi.

Nantinya, instruktur yang mengajari perempuan untuk mengemudi merupakan perempuan bersertifikat mengemudi internasional.

Baca Juga: Arab Saudi Siapkan Kursus Mengemudi untuk Wanita

"Bukan lagi jadi rahasia, banyak perempuan di Kerajaan Arab Saudi punya SIM internasional," ujar Bassami, dikutip dari Carscoops, Kamis (10/5/2018).

Pemberian izin mengemudi pada perempuan mulai digaungkan pada September 2017. Pangeran Mahkota, Mohammed bin Salman mengatakan, upaya pemberian izin itu untuk mendorong reformasi di Kerajaan Arab Saudi.

Arab Saudi juga sudah memastikan tidak ada perbedaan di mata hukum antara laki-laki dan perempuan. SIM spesial pun tidak berlaku untuk wanita, bahkan jika melanggar aturan, wanita yang mengendarai mobil mendapat hukuman yang sama.