POPULAR STORIES

Mulai Aktif Ikut Pameran, Gaikindo Tidak Paksa Esemka Untuk Gabung

Mulai Aktif Ikut Pameran, Gaikindo Tidak Paksa Esemka untuk Gabung Esemka Bima EV tampil di IIMS 2023 (Foto: Kabaroto)

KabarOto.com - PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) sudah memamerkan mobil listrik dan juga konvensional di IIMS 2023 lalu. Perusahaan yang bermarkas di Boyolali Jawa Tengah ini, juga mencatatkan puluhan SPK untuk model-modelnya.

Esemka juga dipastikan akan mengikuti Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS), 17-21 Mei 2023 mendatang. Namun, sampai saat ini, Esemka belum mendaftar sebagai anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Organisasi ini pun mengaku tidak memaksa Esemka untuk secepatnya bergabung.

Sekertaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara mengatakan, pihaknya terbuka untuk Agen Pemegang Merek (APM) yang ingin bergabung dengan Gaikindo.

Baca Juga: Gaikindo Prediksi Penjualan Mobil Bakal Turun Menjelang Lebaran

Esemka Bima 1.3 Pikap

"Kami tergantung yang daftar, tidak ada unsur pemaksaan untuk siapa saja yang ingin bergabung," ungkap Kukuh saat ditemui Kabaroto, Sabtu (18/03/2023).

Pada IIMS 2023, Esemka memperkenalkan Bima EV dalam varian Cargo Van dan Passenger Car di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, dan dirilis dengan harga mulai Rp 530 juta.

Esemka Bima EV memiliki dimensi panjang 4.495 mm, lebar 1.68 mm, tinggi 1.990 mm dengan jarak sumbu roda 2.925 mm. Mobil listrik ini mampu menampung 11 penumpang dan varian Cargo Van memiliki dua kursi untuk pengemudi dan penumpang depan.

Baca Juga: Gaikindo Klaim Pengunjung GJAW 2023 Meningkat Dua Kali Lipat

Esemka Bima EV dibekali motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018, mampu menghasilkan tenaga 75 kW dan torsi 165 Nm. Motor listrik ini menggunakan penggerak roda depan.

Baterai yang digunakan berjenis Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan 350,4 V, dapat diisi dengan sistem pengisian cepat (quick charge/DC) selama 1 jam, atau slow charge (AC) hingga 8 jam. Baterai ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 300 km.

Soal harga, Esemka Bima EV Passanger Van dibanderol Rp 540 juta, sedangkan untuk varian Cargo Van dibanderol Rp 530 juta.