Mulai April 2022, Seluruh Kendaraan Toyota Bermesin Diesel Penuhi Standar Euro 4

Mulai April 2022, Seluruh Kendaraan Toyota Bermesin Diesel Penuhi Standar Euro 4 Peluncuran All New Land Cruiser dan New Fortuner (Foto: Sigit/KabarOto.com)

KabarOto.com - Selain menghadirkan Toyota Kijang Innova EV Concept, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi mengumumkan bahwa mulai April 2022 semua tipe kendaraan Toyota yang menggunakan bahan bakar diesel telah memenuhi standar emisi Euro 4.

Kehadiran Kijang Innova EV Concept menjadi bukti bahwa Toyota sangat memperhatikan dan mendukung kebijakan Pemerintah dalam membangun ekosistem yang ramah lingkungan.

"Untuk kehidupan yang lebih baik bagi bangsa Indonesia ke depannya,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT TAM.

Baca Juga : Toyota Kijang Innova EV Concept Muncul Di IIMS 2022

Toyota Kijang Innova EV Concept

Sejak 2009 lalu, Toyota mulai memperkenalkan mobil ramah lingkungan dengan mendatangkan Toyota Prius berteknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV). Prius adalah kendaraan elektrifikasi pertama yang diproduksi secara komersial di pentas otomotif global sehingga menjadi pionir kendaraan ramah lingkungan dunia.

Menyusul kehadiran Prius HEV, Toyota memperkuat jajaran kendaraan elektrifikasi dengan mendatangkan berbagai model lainnya, termasuk yang menggunakan teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan Battery Electric Vehicle (BEV).

Hingga saat ini, secara total Toyota Indonesia telah memiliki 11 model kendaraan elektrifikasi. Melalui berbagai model tersebut, Toyota telah berhasil menjual lebih dari 5.800 unit kendaraan elektrifikasi di Indonesia dan diperkirakan memberi kontribusi terhadap pengurangan emisi CO2 sekitar 15.000 ton.

Baca Juga : Toyota GR Corolla Meluncur 31 Maret, Berikut Bocorannya!

Area elektrifikasi Toyota di IIMS Hybrid 2022

Sementara itu, mulai April 2022, 6 model kendaraan Toyota yang dipasarkan di Indonesia yang menggunakan bahan bakar diesel semuanya sudah memenuhi standar emisi Euro 4.

Di antara 6 model tersebut adalah 3 model kendaraan penumpang yaitu Toyota Fortuner, Kijang Innova, dan Land Cruiser, sedangkan 3 model lainnya adalah kendaraan komersial yaitu Hilux, Hiace dan Dyna.

Ini merupakan implementasi dari Keputusan Menteri LHK No. S786/MENLHK-PPKL/ SET/PKL.3/5/2020, di mana per April 2022 semua kendaraan berbahan bakar diesel yang diproduksi dan beredar di Indonesia diwajibkan memenuhi standar emisi Euro 4.