Mundur Dari Kesepakatan Produksi Mobil Listrik, Porsche Bayar Denda Ke Volkswagen

Mundur Dari Kesepakatan Produksi Mobil Listrik, Porsche Bayar Denda ke Volkswagen Konsep mobil listrik Porsche (Dok: istimewa)

KabarOto.com – Porsche membayar denda $113 juta kepada Volkswagen Commercial Vehicles sebagai kompensasi untuk mundur dari kesepakatan produksi.

Dari sebuah laporan, telah terjadi kesepakatan internal di Volkswagen Group untuk memungkinkan Porsche membangun mobil listrik berperforma tinggi di fasilitas produksinya sendiri, dibandingkan di pabrik Hanover milik Volkswagen.

Sebelumnya, mobil listrik Porsche akan diproduksi di fasilitas yang sama dengan Audi dan Bentley. Di mana, seharusnya dibangun sebagai bagian dari Proyek Artemis Audi, yang akan menciptakan teknologi baru untuk kendaraan yang sangat otomatis.

Baca Juga : Porsche 911 GT3 Edisi Khusus Hadir Di Australia

Porsche beranggapan bahwa pembeli kurang tertarik pada otomatisasi daripada kinerja mereka, dan karenanya tidak ingin menggunakan banyak sistem bantuan pengemudi canggih yang ditawarkan oleh Artemis.

“Karena Porsche akan menggunakan platform yang berbeda dalam perencanaan modelnya, produksi di Stöcken hampir tidak menawarkan sinergi yang berarti. Membangun dua lini produksi baru dengan platform berbeda tidak akan meningkatkan kompleksitas,” tulis Porsche Holding dalam sebuah pernyataan pada bulan Desember 2021.

Sementara itu, dalam siaran pers yang sama, ketua dewan kerja di Volkswagen Commercial Vehicles, Bertina Murkovic, menyatakan “kekecewaannya atas penolakan Porsche terhadap situs Hanover.”

Baca Juga : Porsche 911 Stinger GTR Carbon Limited Edition, Bukan Cat Tapi Full Karbon

Per laporan ini, kesepakatan antara perusahaan akan mencakup pembayaran $113 juta dari Porsche ke Volkswagen Commercial Vehicles untuk menggantikan produksi yang hilang dengan model lain.

Porsche sekarang akan membuat mobil listrik, yang dikenal secara internal sebagai K1, di pabriknya di Leipzig. Kendaraan akan tetap didasarkan pada arsitektur EV yang dikembangkan bersama oleh Audi dan Porsche, meskipun tidak akan menggunakan teknologi yang dikembangkan oleh Audi untuk Artemis Project.

Sedangkan, pabrik Hanover Volkswagen akan menjadi lokasi konstruksi untuk Volkswagen ID.Buzz, serta kendaraan listrik unggulan yang dibangun oleh Audi dan Bentley.