Musim Hujan Dan Banjir, Ini Harus Diperhatikan Pemilik Kendaraan Cat Putih

Musim Hujan dan Banjir, Ini Harus Diperhatikan Pemilik Kendaraan Cat Putih Pemiliki Kendaraan Cat Putih (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Warna putih kini menjadi salah satu opsi yang cukup diminati untuk kendaraan di Indonesia. Banyak orang menilai mobil dengan warna putih menampilkan kesan elegan, dan memberikan kesan yang segar. Hal tersebutlah yang mendorong warna putih menjadi warna favorit bagi banyak masyarakat di Tanah Air.

Padahal, dahulu warna ini cukup dihindari ketika memilih kendaraan karena gampang kusam. Nah, jika tidak mengerti untuk merawatnya, mobil berwarna putih pun ternyata memiliki beragam risiko.

Kendaraan Warna Putih

Mencegah hal tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Dari hal pencucian sampai perawatannya ternyata gampang-gampang susah untuk menjaga warna agar tetap tampak seperti baru.

"Pastikan mencuci mobil dengan menggunakan air bersih secara rutin, khususnya ketika memasuki musim hujan. Lebih cermat melihat kualitas air yang digunakan ketika di pencucian mobil, karena dapat berdampak pada munculnya jamur," kata Agung dari Carspa Terogong, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Jakarta Diguyur Hujan Deras, Ini Tol Yang Tergenang Air

Mobil dengan Cat Putih

Ia melanjutkan, hindari sinar matahari langsung ketika mencuci. Karena dapat mengakibatkan cairan pembersih mudah menempel pada bodi. Biasanya jika cairan pembersih menempel, dapat menimbulkan bercak pada tampilan luar mobil.

"Jangan sampai menggunakan shampoo dengan kimia berbahaya seperti mengandung zat asam (hydrochlorid acid) yang tinggi. Pastikan menggunakan sampo khusus kendaraan yang berkualitas," kata pria 1 anak itu.

Andri pemilik PDV detailing, Gading Serpong juga menjelaskan kalau mencuci kendaraan baiknya dimulai dari atas lalu ke bawah, hal ini bertujuan agar kotoran dapat terbilas secara bertahap dari yang bersih sampai paling kotor.

"Lap mobil juga bakal lebih awet, dan tentunya mencegah baret halus di kendaraan," imbuh Lemonmon, sapaan akrabnya.

Detailing dan Coating Mobil Putih

Sebagai tambahan, untuk proteksi maksimal, keduanya menyarankan untuk melakukan detailing dan coating dalam jangka waktu yang lama sebagai perlindungan ekstra terhadap cat kendaraan.