Musim Hujan Tiba, Ini Cara Tepat Agar Motor Tidak Cepat Rusak

Musim Hujan Tiba, Ini Cara Tepat agar Motor Tidak Cepat Rusak Foto: Kipli

KabarOto.com - Musim penghujan sudah mulai melanda di sebagian besar wilayah Indonesia beberapa waktu belakangan ini. buat para bikers pengguna roda dua, ada baiknya untuk lebih teliti dalam mengecek motornya agar nyaman dan aman digunakan sewaktu menerobos hujan.

Seperti dikatakan Budi, pemilik bengkel JMS, Jakarta Barat. Sebagai pemilik kendaraan, terutama sepeda motor, perawatan yang tepat saat musim hujan perlu perhatian lebih agar motor selalu dalam performa terbaik. Berikut di antaranya;

Cuci Motor

Upayakan segera mencuci sepeda motor setelah diguyur air hujan. Karena kandungan zat asam pada air hujan berpotensi mengurangi kilau pada cat. Meski tak ada waktu, cukup lakukan sekadar mengguyur seluruh bodi dan bagian-bagian penting lainnya.

Mengguyur motor dengan air bersih usai terkena air hujan, sangat baik untuk menjaga penampilan motor Sobat Kabaroto. Hal itu juga bermanfaat mencegah timbulnya korosi (karat).

Ban

Ban merupakan komponen penting dari motor saat menghadapi musim hujan. Pastikan alur ban masih ada sebagai pemecah air ketika lalui genangan air sehingga ban motor mendapat cengkeraman yang tepat dan tidak terjadi aquaplaning. Disarankan mengganti sementara ban bila yang digunakan adalah ban untuk aspal kering atau semi slick. Pilih kembangan ban yang dapat membelah air dengan baik.

Rantai

Sifat asam dari air hujan mampu menimbulkan karat bahkan pada rantai motor sekalipun. Terlebih jika motor tidak menggunakan tutup rantai, hal ini tentu sangat rentan sekali menimbulkan karat dan membuat rantai cepat kendor sehingga berakibat suara tidak nyaman. Ada baiknya mengencangkan kembali setelan rantai sesuai standar dan lumasi rantai dengan grease/gemuk.

Rem

Pengereman motor yang kebanyakan sudah mengandalkan cakram untuk bagian depan dan belakang memang ada kelemahan saat hujan. Cipratan pasir yang terbawa air hujan terkadang menempel di kampas rem dan membuat cakram tergores tak beraturan. Tapi berkat bentuk cakram yang sudah berventilasi bisa cepat membuang kotoran pasir di kampas rem. Hindari penggunaan kampas rem dari bahan asbes karena bila hujan terlalu lama akan menggelembung.

Baca Juga: Musim Hujan Nih, Cermati Bagian Penting Mobilmu Agar Tak Celaka

Busi

Komponen lain yang vital saat musim hujan adalah di wilayah pengapian yakni busi motor. Pastikan penutup pengapian busi dapat menyelubungi terminal dan keramik isulator busi dari resapan air. Pasalnya, jika busi motor basah akan menghambat pengapian ketika motor dinyalakan.

Kotak Saringan Udara

Sebelum musim hujan rutin terjadi setiap harinya, luangkan waktu untuk membersihkan debu di saringan udara. Akibat udara lembab selama hujan berlangsung bisa membuat debu yang tersaring menjadi keras dan berdampak pada isapan di ruang bakar yang terhambat. Motor jadi lebih berat melaju karena ECU membaca tidak sinkron antara pasokan udara dan pasokan bahan bakar.

Knalpot

Cipratan dari genangan kotor air hujan yang dilindas oleh ban biasanya akan menempel pada bagian leher knalpot. Maka itu, baiknya membersihkan bagian yang satu ini agar sistem pelepas panas pada motor tetap berfungsi dengan sempurna. Penggunaan knalpot racing yang mengarah ke atas terkadang menjadi wadah air hujan ketika motor terparkir. Pilihah parkiran yang teduh dan tidak tersiram hujan langsung.

Kabel Bodi

Kelistrikan harus diperhatikan, terutama motor yang sudah berusia lima tahun lebih atau bagian kabel sudah alami modifikasi seperti penambahan lampu aksesori. Pastikan isolator masih dalam keadaan baik melindungi kabel yang pernah terbuka.