POPULAR STORIES

Naik Motor Tak Pakai Masker, Bahaya Mengerikan Ini Menanti Anda

Naik Motor Tak Pakai Masker, Bahaya Mengerikan Ini Menanti Anda Masker motor (istimewa)

KabarOto.com - Para pengendara sepeda motor sering meremehkan penggunaan masker. Padahal, ada dampak negatif besar yang menanti jika Anda tak menggunakannya.

Kasus yang menimpa pengendara roda dua bernama Yogi Prayogi saat ini ramai diperbincangkan di dunia maya. Dia mengalami gangguan paru-paru dan saat ini dirawat di Rumah Sakit Fatmawati akibat jarang menggunakan masker saat berkendara.

Baca Juga:

Seperti dilansir dari situs resmi Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Senin (2/10/2017), masker sejatinya wajib dipakai bagi para pengendara roda dua. Mengingat, jalan raya terdapat berbagai kandungan zat berbahaya yang dapat terhirup dan tersimpan di dalam tubuh.

Sebagai gambaran, tiap kendaraan bermotor melepaskan partikel berbahaya yang merupakan sisa pembakaran dari kendaraan. Gas-gas beracun seperti monoksida (CO), karbondioksida (CO2), Nitrogen (N), bahkan hingga logam berat seperti timbal terkandung di dalam asap kendaraan bermotor.

Di sisi lain, Gejala awal penyakit paru-paru adalah batuk disertai dengan demam dan dahak berwarna kuning jika penyebabnya adalah infeksi kuman. Sedangkan jika sudah kronis dapat terjadi batuk berdahak serta sesak napas selama berbulan-bulan bahkan bisa beberapa tahun.

Sementara itu, cara pencegahan dan solusinya adalah meningkatkan daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan seperti sayur dan buah-buahan.