New Honda Vario 125 Dapat Upgrade CVT, Basis Mesin Masih Sama

New Honda Vario 125 Dapat Upgrade CVT, Basis Mesin Masih Sama New Honda Vario 125 (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - PT Astra Honda Motor (AHM) telah resmi meluncurkan New Honda Vario 125 dengan melakukan beberapa penyegaran dan penambahan fitur baru. Meskipun masih menggunakan basis mesin yang sama, AHM mengaku melakukan penyesuaian pada bagian CVT.

"Basis mesinnya masih sama, hanya saja ada perbaikan di bagian CVT menjadi lebih baik," ungkap Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya saat konferensi pers, Senin (26/9).

Baca juga: New Honda Vario 125 Dibanderol Mulai Rp22 Jutaan

Sebagai informasi, CVT atau Countinuously Variable Transmission. Komponen ini bertugas sebagai alat penggerak otomatis pada motor matik untuk melanjutkan putaran dari mesin ke roda.

Mesin New Honda Vario 125

Sementara itu, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno menjelaskan bagian yang diperbarui yakni pada desain outer plate.

"Peningkatan ini untuk mengurangi getaran, jadi kayak di bagian outer plate itu diubah desainnya. Ukuran pulley-nya masih sama dengan Honda 125 versi sebelumnya," jelas Endro.

Baca juga: Pasar Skutik Ramai, Apa Alasan Honda Malah Luncurkan CBR250RR Anyar

New Honda Vario 125 masih menggunakan mesin 1 silinder berpendngin cair dengan teknologi eSP berkapasitas 125 cc. Di atas kertas mesin ini mampu menghasilkan tenaga 10 dk pada 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm di 5.000 rpm.

Berdasarkan hasil internal tes Honda, New Honda Vario 125 merupakan skutik dengan konsumsi BBM teririt di kelasnya hingga 51,7 kpl metode WMTC (EURO 3, ISS ON).