POPULAR STORIES

New Toyota Yaris Makin Aman Karena Fitur Ini

New Toyota Yaris Makin Aman Karena Fitur Ini Toyota New Yaris (KabarOto/Dimas)

KabarOto.com – New Toyota Yaris yang merupakan facelift generasi ketiga dari produk hatchback jagoan Toyota, yang berhasil mencuri perhatian pecinta otomotif Tanah Air karena tampilannya yang semakin futuristik.

Selain perubahan pada bagian eksterior, Toyota juga melengkapi New Yaris dengan fitur keselamatan yang mumpuni.

New Yaris hadir dengan dilengkapi 7 buah airbag, Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjamin posisi mobil tetap stabil agar tehindar dari gejala understeer maupun oversteer saat menikung.

Lalu ada Hill-Start Assist (HSA) untuk memudahkan kendali kendaraan di tanjakan. Cara kerja fitur HSA ini adalah dengan menunda terlepasnya rem setelah pedal rem dilepas oleh kaki pengemudi saat berhenti di tanjakan. Sehingga pengemudi punya waktu untuk memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas dan menekan gas sebelum mobil terlepas dari kondisi pengereman. Kemudian rem terlepas secara otomatis saat mobil mulai bergerak maju.

Interior New Yaris (Toyota)

Dua seatbelt untuk pengemudi dan penumpang depan dan tiga untuk penumpang di belakang. Canggihnya lagi, jok New Yaris telah dilengkapi teknologi Whiplash Injury Lessening yang membantu mengurangi risiko cedera leher pada saat terjadi benturan.

Baca juga: New Yaris 2018 Lebih Futuristik dan Dinamis

Pada bagian rem, New Yaris 2018 dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS) yang mencegah terjadinya rem terkunci ketika dilakukan pengereman mendadak.

Dilengkapi juga dengan Electronic Brake Distribution (EBD), EBD berfungsi mengontrol pemakaian ABS, mendistribusikan gaya pengereman secara tepat antara roda depan dan roda belakang sesuai dengan kondisi berkendara.

Sebagai tambahan, pada saat melakukan pengereman di tikungan, EBD juga berfungsi mengontrol gaya pengereman pada roda kanan dan roda kiri, sehingga membantu mobil tetap stabil.

Sistem pengereman New Yaris juga dilengkapi dengan Brake Assist (BA), yang membantu tingkat pengereman dengan kuat, tanpa perlu menginjak pedal rem terlalu dalam.

Dalam keadaan darurat, terutama pengemudi yang kurang pengalaman, akan mengalami kepanikan dan tidak menginjak pedal rem dengan cukup keras, hal seperti ini lah yang akan diatasi oleh sistem Brake Assist.

Khusus tipe New Yaris TRD Sportivo dilengkapi dengan emergency brake signal. Fitur ini akan otomatis mengedipkan lampu hazard, saat terjadi pengereman mendadak atau darurat.

Kegunaan fitur ini adalah untuk menginformasikan kepada pengemudi di belakang, agar lebih wasapada dan menjaga jarak aman dengan mobil di depan.