POPULAR STORIES

Nico Julian, Konsentrasi Dan Yakin Kunci Suksesnya Raih Juara 1 Di Balapan

Nico Julian, Konsentrasi dan Yakin Kunci Suksesnya Raih Juara 1 di Balapan Olahraga rutin minimal satu hari sejam juga harus dilakukan untuk bisa tetap konsentrasi dilintasan (Foto: KabarOto/Bimo Hariyadi)

Untuk bisa menjadi juara dalam satu event balapan ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Diantaranya adrenaline yang besar untuk menaklukan lintasan dan lawan. Selain itu keyakinan untuk menggas pool di racing line juga harus diperhatikan, tidak ada keraguan untuk memutar gas sedalam-dalamnya. Selanjutnya, olahraga rutin minimal satu hari sejam juga harus dilakukan untuk bisa tetap konsentrasi dilintasan. Itulah secuil rahasia Nico Julian.

Nico Julian meraih juara 1 di acara Indonesia Trackday Series 2015 (ITS) round 4 di Sentul. Kepada kabaroto ia memberikan kunci sukses untuk sabet sebagai juara satu dilintasan balapan motor. Bagaimana kuncinya? Simak penuturannya.

"Itu sih kunci saya bisa menaklukan track di Sentul ini. Saat kita yakin dengan racing line, gass pool aja," kata Nico Julian, Juara 1 kelas Super Bike di event ITS series 4, 2015.

Selain itu menurut Nico latihan di sirkuit juga penting, untuk lebih mengenal sirkuit lebih dalam, sehingga saat melakukan start hapal di meter ke berapa tikungan berada dan harus menggunakan gigi berapa.

"Saya kalau mau balap minimal latihan di sirkuit dua kali, minimal di Sentul kecil ya kalau bisa di sirkuit besar," tambah pria yang saat ini menggunakan MV Agusta 600cc.

Selain itu hal terpenting lainnya adalah settingan motor. Menurut Nico settingan motor harus disesuaikan dengan si pebalap mulai dari suspensi, ban hingga engine.

"Event kemaren saya settingannya belum dapat, tapi sekarang sudah dapat jadi settingan itu penting untuk menunjang balap kita juga," tambahnya.

Sebelum menggunakan MV Agusta 600cc, Nico mengunakan motor 250cc dan bebek 150cc. Menurutnya menggunakan motor 600cc ini lebih tegang dan nyali lebih diuji karena kecepatannya lebih tinggi.

"Motor besar ini riding stylenya lebih beda, lebih tegang dan persiapan fisiknya juga harus diperhatikan. Adrenalinenya juga lebih diuji," kata pria 23 tahun ini.

Ia pun memberi pesan kepada para pebalap yang ingin menjadi juara harus sering latihan di sirkuit, dan jangan lupa settingan motor mulai dari engine sampai suspensi dipersiapkan. Karena itu menjadi kunci yang sangat menentukan dalam balapan.

Baca Juga:

 

Berita Terkait

Berita Terkait