POPULAR STORIES

Nikola TRE, Cikal Truk Listrik Masa Depan

Nikola TRE, Cikal Truk Listrik Masa Depan Nikola TRE

KabarOto.com - IVECO, FPT Industrial dan Nikola Corporation pada hari Selasa kemarin, (3/12), memperkenalkan Nikola TRE. Berupa masa depan truk yang sudah menggunakan platform Battery Electric Vehicle (BEV).

Terbilang cepat untuk mewujudkan truk listrik ini, hanya tiga bulan saja semenjak kesepakatan. Adapun Nikola TRE menggunakan basis IVECO S-Way, namun telah disempurnakan dengan berbagai keunggulan teknologi yang dipunya Nikola.

Sedianya akan tampil di IAA 2020 Commercial Vehicle Exhibition di Hannover, Jerman. Dikabarkan unit pertama dikirim ke konsumen pada tahun 2021.

Dikabarkan pula saat peluncuran, bahwa Nikola TRE dengan teknologi fuel cell electric (FCEV) akan tersedia untuk konsumen pada tahun 2023.

Adapun IVECO S-Way desainnya telah dirncang ulang berkat kerjasama rancang bangun antara Nikola dan Italdesign yang berbasis di Moncalieri, Turin, Italia.



"IVECO S-Way adalah produk andalan kami, adanya konsep IVECO memenuhi keinginan konsumen dan mengimbangi perkembangan pasar yang akhirnya bisa diterima baik," buka Gerrit Marx, President Commercial and Specialty Vehicle.

"Diawali dengan Nikola TRE dan menjadi penanda truk yang bebas emisi, menyediakan platform fitur yang disrutif yang mengubah industri transportasi," jelasnya.

Kemampuan baterai yang dipasangkan pada Nikola TRE adalah mampu menempuh jarak hingga 400 km, setidaknya setara dengan mobil diesel. Kapasitas baterainya 720 kWh, sedangkan motor penggeraknya 480 kW Continuous Power Output berkekuatan torsi 1.800 Nm.

Adapun versi Nikola TRE ini akan disuguhkan pilihan dua dan tiga-axle rigid. Kemampuan angkut bobotnya 18 - 26 ton, digunakan untuk di wilayah perkotaan.



Sistem infotainment akan lebih baik berkat integrasi fitur navigasi. Kontrol kesejukan kabin, penyetelan spion, penyetelan ketinggian suspensi, sistem kamera 360 derajat, dan Bluetooth.

Memberikan kemudahan pengendaranya, saat mengakses kabin sudah gunakan Keyless Entry System. Pengatur ketinggian kendaraan dan semburan kabin bisa sesuai keinginan konsumen.