Nissan Pernah Punya Mesin Mungil Bertenaga 400 Dk

Nissan Pernah Punya Mesin Mungil Bertenaga 400 dk

KabarOto.com – Nissan pernah mengeluarkan sebuah mobil balap listrik bernama ZEOD RC akan menjadi entri pertama di Le Mans dan menyelesaikan putaran di Circuit de la Sarthe. ZEOD RC sendiri dirancang oleh Ben Bowlby.

Nissan ZEOD RC (Zero Emission On Demand Racing Car) adalah mobil balap listrik hybrid yang dipertandingkan sebagai eksperimen Garage 56 dan masuk pada 2014 dalam 24 Jam Le Mans. ZEOD RC dirancang oleh Ben Bowlby.

Baca juga: All-New Nissan Note Aura Meluncur Di Jepang, Harga Rp300 Jutaan

Paling unik bukan dari bodi mobil, namun dari mesin turbo tiga silinder 1.500 cc yang dinamakan Nissan DIG-T R. Kenapa menarik? Sebab ukurannya yang sangat kecil namun punya tenaga yang sangat besar.

Bagaimana tidak, berbobot hanya 40 kg, bahkan dapat diangkat. Mesin ini hanya memiliki tinggi 500 mm, panjang 400 mm, dan lebar 200 mm.

Namun walau ukurannya kecil tenaga dihasilkan luar biasa yakni 400 dk dan torsi maksimalnya mencapai 380 Nm. Mesin tersebut juga dapat digeber hingga 7.500 rpm. Sebenarnya memiliki power-to-weight ratio yang lebih baik daripada mesin Formula 1 spesifikasi 2014 saat itu.

Baca juga: Nissan Bakal Stop Jual Mobil Sedan Di Jepang, Bagaimana Nasib Skyline?

24 Hours of Le Mans 2014 jadi balapan pertama dan satu-satunya ZEOD RC, mobil harus berhenti pada awal balapan karena kegagalan transmisi. Namun ia berhasil mencapai tujuannya untuk mencapai kecepatan di atas 300 kpj dan menyelesaikan satu putaran di Sirkuit de la Sarthe hanya dengan menggunakan tenaga listrik.

Berita Terkait

Berita Terkait