Nissan Qashqai E-Power Versi Eropa Dibekali Sistem Hybrid Terbaru

Nissan Qashqai E-Power Versi Eropa Dibekali Sistem Hybrid Terbaru Nissan Qashqai e-Power (Dok: Nissan)

KabarOto.com - Nissan telah membagikan informasi baru tentang varian Qashqai e-Power dengan powertrain hybrid self-charging, untuk memperluas jangkauan SUV elektrifikasi di samping varian hybrid ringan yang ada.

Nissan Qashai e-Power adalah model pertama di Eropa yang memanfaatkan teknologi e-Power Nissan yang sudah tersedia di Jepang pada Nissan Note.

Secara teknis, Nissan Qashqai e-Power menggabungkan mesin bensin 3 silinder turbocharged 1.500 cc menghasilkan tenaga maksimal sebesar 156 dk, sedangkan motor listriknya menghasilkan tenaga tambahan 188 dk. Sistem hybrid dapat mengisi daya sendiri tetapi menawarkan pengalaman EV karena motor listrik menggerakkan roda, dengan mesin bensinnya hanya berfungsi sebagai generator.

Baca juga: Motul Resmi Gandeng Mobil Balap Nissan Z GT500 Nismo Super GT

Pengaturan ini membuat pengemudi memiliki akses ke torsi instan motor listrik sementara mesin bensin dengan kemampuan kompresi variabel bekerja dengan cara yang efisien dan tenang menghasilkan energi untuk inverter dan baterai.

Selain itu, Baterai juga terisi melalui pengereman regeneratif, terutama dalam mode mengemudi e-Pedal yang diaktifkan oleh sakelar di konsol tengah yang memberikan deselerasi 0,2g saat pengemudi mengangkat kakinya dari pedal gas.

Baca juga: Meluncur Di Eropa, Nissan Juke Hybrid Bawa DNA Mesin Renault

Tujuan Nissan adalah untuk memberikan pengalaman berkendara baru dengan mengandalkan mesin bensin, sebagai pengisi baterai yang digunakan mesin listriknya untuk menggerakkan mobil. Selama perjalanan mesin bensin akan bekerja untuk mengisi baterai, sehingga tidak ada jeda pergantian tenaga penggerak seperti pada mobil hybrid lainnya.

Menurut penelitian Nissan, pengemudi crossover Eropa menghabiskan lebih dari 70% waktu mereka mengemudi di daerah perkotaan dan pinggiran kota, di mana mesin e-Power bekerja secara efisien. Dalam siklus gabungan, konsumsi bahan bakar adalah 5,3 liter/100 km dan emisi CO2 adalah 119 g/km menurut data awal.

Nissan Qashqai e-Power dijadwalkan meluncur di pasar Eropa pada tahun 2022 dengan harga yang akan diumumkan menjelang peluncurannya.