POPULAR STORIES

Nissan Tingkatkan Efisiensi, Terobosan Baru E-Power

Nissan Tingkatkan Efisiensi, Terobosan Baru E-Power

KabarOto.com –Nissan tengah mengembangkan sistem generasi lanjutan e-Power yang diklaim mampu mencapai 50% efisiensi termal sehingga dapat mengurangi emisi CO2.

Teknologi e-Power milik Nissan menggunakan mesin bensin untuk menyuplai energi listrik ke baterai e-powertrain. Cara ini diklaim pabrikan asal Jepang ini dapat memberikan efisiensi termal sebanyak 40%.

Toshihiro Hirai, Wakil Presiden Divisi Tehnik Powertrain dan EV mengatakan, “Kami memiliki target elektrifikasi seluruh produk kami pada tahun 2050. Tapi, kami ingin mempercepat langkah tersebut.”

Baca Juga : Nissan Ungkap Pentingnya Kamuflase Pada Mobil Baru

Nissan sendiri berencana mempromosikan pengembangan e-powertrain dan baterai berperforma tinggi untuk kendaraan EV dengan mengandalkan sistem e-Power.

Sistem e-Power Nissan menggunakan mesin terpasang sebagai generator listrik khusus untuk e-powertrain sistem. Pengoperasian mesin dibatasi pada jangkauannya yang paling efisien, yang mengelola pembangkit listrik mesin dengan tepat dan jumlah listrik yang disimpan dalam baterai.

Dengan pendekatan khusus ini, dan evolusi teknologi baterai serta teknik manajemen energi, Nissan diklaim mampu meningkatkan efisiensi termal melebihi level saat ini. Pengembangan sistem e-Power generasi berikutnya melanjutkan jalur efisiensi ini melalui desain Nissan dan pengembangan mesin khusus untuk e-Power.

Baca Juga : Perayaan 1 Dekade, Nissan Leaf Dapat Penyegaran Produk

Mencapai efisiensi termal 50%, Nissan mengembangkan konsep yang disebut STARC (strong, tumble and appropriately stretched robust ignition channel).

Konsep ini memungkinkan peningkatan efisiensi termal dengan memperkuat aliran gas dalam silinder (aliran campuran udara-bahan bakar yang ditarik ke dalam silinder) dan pengapian, dengan andal membakar campuran bahan bakar udara yang lebih encer pada rasio kompresi tinggi.