POPULAR STORIES

Nissan Titan XD 2020, Lebih Bertenaga Meskipun Tidak Lagi Menggunakan Mesin Diesel

Nissan Titan XD 2020, Lebih Bertenaga Meskipun Tidak Lagi Menggunakan Mesin Diesel

KabarOto.com – Nissan pernah mengeluarkan Double Cabin Titan XD bermesin diesel di tahun 2016, namun produksi mesin diesel dihentikan karena kurangnya minat dari pembeli. 4 tahun berselang, Nissan kembali memperbarui double cabin Titan XD di tahun 2020.

Perubahan yang diberikan Nissan untuk generasi terbaru Titan XD yaitu beberapa perubahan di bagian eksterior, interior yang diperbarui, dan tidak ada lagi opsi mesin diesel yang ditawarkan.

Meskipun tidak lagi menggunakan mesin diesel, Nissan memperbaruinya dengan powertrain baru yang lebih bertenaga, peningkatan pada kapasitas muatan yang bisa diangkut, serta dikemas dalam teknologi dan fitur keamanan yang diperbarui.

Baca juga: Nissan Pamerkan LEAF Ke Kementrian ESDM Dan Pertemuan Teknologi Otomotif Se-Asia Tenggara

Di bagian eksterior, Titan XD akan mudah dikenali dengan desain gril unik bernama PRO-4X yang terlihat gagah dan pintu belakang menampilkan logo Nissan berwarna Lava Red. Khusus untuk trim atas, terdapat logo Titan di bagian headlamp yang diperbarui.

Pembaruan lain untuk model Titan XD 2020 termasuk desain baru di bagian bumper depan, serta warna cat eksterior baru yaitu Red Alert, Baja Storm, Super Black, dan Cardinal Red Metallic sebagai pilihan premium. Bannya menggunakan pelek alumunium aloy berukuran 18 inci yang terlihat keren dan ukuran 20 inci untuk trim SL dan Platinum Reserve.

Secara dimensi, Titan XD 2020 memiliki ukuran 38 cm lebih panjang dan 7 cm lebih tinggi dari Titan standar, serta menawarkan ground clearance 385 cm. Semua model Titan XD dilengkapi dengan bak berukuran 198,12 cm dan dilengkapi dengan lampu LED di sekeliing bak.

Beralih ke bagian interiornya, Nissan membekalinya dengan kursi Zero Gravity Nissan dan memiliki peralatan standar yang telah ada pada model Titan biasa termasuk headunit layar sentuh berukuran 8 inci dan layar MID berukuran 7 inci yang memuat informasi kendaraan di instrument cluster.

Nissan juga menawarkan opsi headunit layar sentuh berukuran 9 inci yang sudah mendukung konektivitas Android Auto dan Apple CaarPlay serta fitur NissanConnect. Khusus untuk Nissan Titan XD trim SL dan Platinum Reserve akan dilengkapi dengan Dual Panel Panoramic Moonroof yang baru dan berukuran besar.

Sebagai sebuah double cabin untuk berkendara di berbagai medan, Nissan membekalinya dengan sistem keselamatan berkendara bernama Safety Shield 360 untuk semua trim.

Sistem keselamatan ini mencakup automated emergency braking with pedestrian detection, automatic high-beams, blind-spot monitoring, rear cross-traffic alert, lane-departure warning, dan rear automated emergency braking. Nissan juga menawarkan fitur keselamatan tambahan termasuk kamera 360 derajat dan adaptive cruise control.

Beralih ke sektor mesinnya, Nissan tidak lagi menawarkan varian mesin diesel untuk model Titan XD tahun 2020, namun Nissan memperbaruinya dengan mesin V8 TITAN Endurance® berkapasitas 5.600 cc yang menghasilkan tenaga 400 dk dan torsi 600 Nm. Mesin tersebut terhubung dengan transmisi otomatis 9-percepatan yang menggantikan transmisi otomatis 7-percepatan, Nissan mengklaim gigi final yang lebih besar akan memberikan peningkatan torsi pada roda untuk akselerasi yang lebih cepat.

Baca juga: Nissan Gallery Pajang 60 Tahun Sejarah Balap

Dilansir dari caranddriver.com, Nissan belum berencana untuk merilis kapasitas derek Titan XD 2020 dan jumlah muatan maksimum hingga bulan depan. Namun, juru bicara Nissan mengatakan bahwa Titan XD 2020 akan memiliki kapasitas penarik 771 kilogram lebih banyak dan kapasitas angkut 408 kilogram lebih besar daripada Titan 2020 biasa.

Supaya mampu mengangkut beban yang berat, terdapat Alat bantu penarik termasuk pengontrol rem trailer terintegrasi, trailer sway control (TSC), a tow and haul mode with downhill speed control, and a trailer light check system.

Supaya membantu pengemudi saat berkendara sambil menarik trailer, Nissan membekalinya dengan kamera belakang dengan trailer guides dan tersedia pilihan penggunaan kamera 360 derajat, serta indikator peringatan di headunit untuk mendeteksi objek yang bergerak dan memperingatkan pengemudi.

Sayangnya, Nissan belum mengumumkan harga resmi dari Titan XD model terbaru ini, tetapi Nissan dikabarkan akan mulai dijual pada awal tahun 2020. (Nora Dian Pratama)

Berita Terkait

Berita Terkait