Nissan Z Proto, Kolaborasi Legenda Untuk Masa Depan

Nissan Z Proto, Kolaborasi Legenda untuk Masa Depan

KabarOto.com - Nissan Global resmi meluncurkan mobil yang dinanti para penggemar kecepatan, Nissan Z Proto. Ditampilkan secara virtual, merupakan penerus silsilah keluarga Fairlady, namun, mobil ini masih berstatus prototipe dan belum bisa dijual.

Nissan memang berencana memperkenalkan 10 mobil baru hingga 2022 secara kontinu. Rasanya, setelah Nissan/ Datsun memproduksi 240Z, 280ZX, 300ZX, sampai 370Z dan tak ada generasi baru sejak 11 tahun lalu, ini dirasa saat yang tepat untuk meluncurkan mobil sport berpenggerak roda belakang tersebut.

Baca juga: Ferrari Portofino M Hadir Dengan Beberapa Peningkatan

Dimensinya memiliki panjang 4.382 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.310 mm. Ban depan memakai profil 255/40R19 dan belakang 285/35R19. "Z merupakan murni sports car, mewakili semangat Nissan," ujar Nissan CEO Makoto Uchida.

Dirinya menegaskan, merupakan model penting rencana transformasi Nissan NEXT, dan ini sebagai pembuktian untuk yang tak berani melakukan dari A hingga Z. "Saya sebagai penggemar Z, saya senang mengumumkan Z akan kembali."

Moncong khas bawaan generasi Fairlady tetap dipertahaankan hingga generasi terbaru ini, meski nantinya ketika diproduksi massal, kemungkinan ada beberapa ubahan.

Lampu depan LED berbentuk tear drop memang jadi ciri khas Fairlady Z, apalagi dilihat dari desain terbarunya ini. Sepertinya Nissan bakal tetap mempertahankan unsur retronya yang dikombinasikan dengan hal-hal modern lain.

Baca Juga: Profil - The All-New Nissan Kicks 2020

Uniknya, desain lampu belakang dan lekuknya mengadopsi buritan Nissan 300ZX Z32 namun dengan desain kelipan LED mengikuti teknologi terbaru. Meski demikian, desain lampunya langsung mengingatkan pada mobil peralihan zaman tersebut.

Terlihat juga bodykit dengan material carbon fiber dari lip spoiler depan side skirt sampai diffuser. Bagian kaki-kaki dipasang pelek berdiameter 19 inci dan knalpot ganda yang jadi salah satu syarat beberapa sport car.

Serunya, mobil ini dilengkapi transmisi manual 6 percepatan yang menyalurkan performa dari mesin V6 twin-turbo ke roda belakang. Meski belum ada detail resmi mesin berkode apa yang bakal dipakai, namun banyak rumor bahkan seperti tuner ternama AMS Performance menebak bahwa mesin yang digunakan adalah VR30DETT yang artinya twin-turbo dengan tenaga estimasi 300-400 dk.

Sambil menanti penasaran Sobat KabarOto untuk spesifikasi lengkap Nissan Z Proto yang akan menjadi sports car terbaru. Simak nih videonya!