POPULAR STORIES

Noda Aspal Membandel Di Bodi? Hilangkan Dengan Cara Ini

Noda Aspal Membandel di Bodi? Hilangkan Dengan Cara Ini Noda aspal ada juga yang membandel hingga berisiko merusak lapisan cat mobil. (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Noda aspal yang melekat di bodi cenderung susah dibersihkan, bahkan ada juga yang membandel hingga berisiko merusak lapisan cat mobil.

Oleh karena itu dibutuhkan trik khusus agar tidak salah dalam melakukan perawatan pada bodi mobil. Tapi tenang, Sobat KabarOto hanya perlu perhatikan tips menghilangkan noda aspal yang dituturkan Surya Halim Nugroho dari Otospa ini.

Pertama pilih salah satu dari cairan (minyak tanah, solar, bensin atau wax) yang ingin digunakan. Jika sudah, siapkan kain lap, lalu basahi dengan cairan yang sudah dipilih.

Tempelkan kain lap yang sudah dibasahi tersebut pada noda aspal selama beberapa menit agar melunak dan daya rekatnya mulai berkurang.

"Beri sedikit tekanan, agar cairan di kain lap bisa lebih meresap pada noda aspal yang menempel," ujar ayah 2 anak itu.

Baca Juga: MY Auto 1 Resmi Jadi Bengkel Perbaikan Bodi Dan Pengecatan Suzuki

Kedua Jika Anda sudah menempelkan cairan beberapa menit, mulailah menggosok noda tersebut dengan lembut dan berulang-ulang. Jika lap mulai mengering, basahi kembali dan digosok ulang hingga noda benar-benar terangkat dan hilang.

"Jika noda dalam keadaan keras, jangan pernah untuk memaksa menggosoknya dengan keras pula, ini yang salah dan menyebabkan kerusakan pada bodi mobil. Gosoklah perlahan berberapa kali sampai noda larut dan terlepas," imbuhnya.

Jika noda aspal sudah benar-benar hilang, seka kembali dengan kain lap lembut yang masih bersih dan bertekstur lembut.

Surya bilang, pada beberapa kasus setelah noda aspal dibersihkan, cat mobil yang baru saja dibersihkan akan terlihat menjadi kusam. Oleh karena itu, Anda dapat membersihkannya menggunakan wax, agar cat mobil kembali terlihat mengkilap.

Selamat Mencoba!