POPULAR STORIES

Nostalgia Smartphone Desain Pabrikan Mobil Jerman, Blackberry Porsche Design

Nostalgia Smartphone Desain Pabrikan Mobil Jerman, Blackberry Porsche Design

KabarOto.com – Buat Sobat KabarOto yang lahir tahun 90-an, pastinya ingat tren antara tahun 2009 hingga 2014 di mana kala itu smartphone BlackBerry sedang naik daun. Sebelum akhirnya tergantikan oleh gadget iPhone atau Android.

Tapi apakah kalian pernah sadar bahwa BlackBerry pernah melakukan kerja sama dengan pabrikan mobil sport asal Jerman, yakni Porsche untuk mendesain sebuah smartphone? Seperti apa sih bentuknya? Kita nostalgia yuk.

BlackBerry Porsche Design P'9981

Produk ini hadir berkat kolaborasi Research In Motion dan Porsche Design tahun 2011, dinamakan BlackBerry Porsche Design P’9981, serta ada dua generasi penerus P’9982 tahun 2013 dan P’9983 tahun 2014.

Baca Juga : Perayaan Kemenangan, Cristiano Ronaldo Boyong Bugatti Centodieci

Jika berbicara desain, dari generasi pertama sampai akhir, memiliki lekukan mirip-mirip yakni mengusung sudut tajam. Dan, terpampang jelas di atas layar embos Porsche Design, sehingga terkesan eksklusif. Selain itu material yang digunakan premium misalnya bodi full forged stainless steel, dan kulit asli atau karbon untuk penutup baterainya.

BlackBerry Porsche Design P'9982 yang disajikan full touchscreen

Namun berbicara soal spesifikasi pastinya akan jauh ketinggalan jika dibanding smartphone zaman sekarang. Sebagai contoh spesifikasi versi terakhir paling update adalah layar cukup kecil karena berbagi tempat dengan keyboard qwerty layar 3,1 inci resolusi 720 x 720 pixels, kepadatan ~328 ppi pixel. Lalu resolusi kamera masih terbatas hanya 8 MP belakang dan 2 MP depan dilengkapi fitur autofocus, LED flash, Geo-tagging, face detection, dan HDR. Memory internal 64 GB dan RAM 2 GB, walau masih bisa ditambah Micro SD hingga 128 GB.

BlackBerry Porsche Design P'9983 edisi terakhir.

Baca Juga : Sepeda Yamaha YPJ-MT Pro Khusus Off-Road Lebih Mahal Dari Motornya

Berbicara soal harga, dulunya smartphone ini bisa mencapai banderol lebih mahal dari iPhone X loh. Berkisar Rp26 jutaan kala itu, bahkan sempat hadir versi Gold Edition berlapis emas 24 karat seharga Rp33 jutaan. Tapi sekarang bahkan di marketplace ada yang jual tidak sampai Rp4 jutaan.