POPULAR STORIES

PAL-V Siap Produksi Mobil Terbang Di India Mulai 2021

PAL-V Siap Produksi Mobil Terbang di India Mulai 2021 Penulis: Filda

KabarOto.com - Produsen pembuat mobil terbang dari Belanda siap memproduksi mobil terbang pertama di dunia. Mobil tersebut diberi nama PAL-V Liberty, kabarnya telah resmi memperkenalkan kendaraanya di Geneva Motor Show tahun 2019 lalu.

PAL-V Liberty merupakan mobil bertenaga listrik, dapat digunakan di darat maupun udara. Selama bertahun-tahun, telah hadir beberapa mobil terbang, namun belum ada kepastian akan proses produksinya. Nah, keseriusan ditunjukan oleh PAL-V akan mendirikan pabrik di Gujarat, India dan akan memproduksi mobil terbang pada tahun 2021.

Baca juga: Masuk Indonesia, Skuter Matik Asal Inggris Royal Alloy Tantang Vespa dan Lambretta

Hal itu juga di kuatkan dengan adanya Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani oleh Wakil President PAL-V Internasional, Carlo Maasbommel dengan Sekertaris Industri India, Vijay Rupani.

Ada beberapa persyaratan dalam membangun fasilitas produksinya di India. PAL-V telah mengatakan bahwa pihaknya telah dibantu oleh pemerintah negara tersebut, membantu mendapatkan dokumen-dokumen dan persetujuan penting dari pemerintah pusat .

“Infrastruktur kelas dunia, kemudahan berbisnis, dan fasilitas logistik yang sangat baik telah diberikan” kata Maasbommel.

Perusahaan juga bermaksud untuk melakukan ekspor mobil terbang tersebut ke Amerika Serikat dan Eropa. Saat ini, perusahaan telah menerima sebanyak 100 unit pemesanan kendaraan tersebut.

Baca juga: Italia Darurat Virus Corona, Pabrik Lamborghini Tutup Sementara

Kendaraan ini pada dasarnya menggabungkan mekanik helikopter dengan mobil tiga roda. Sebagian besar bodi terbuat dari serat karbon, sedangkan komponen internal menggunakan bahan alumuniun dan titanium. Dengan berat kendaraan 680 kg, hanya perlu 165 meter lintasa untuk lepas landas dan 30 meter untuk mendarat dangan aman.

Tenaga yang berasal dari dua mesin 100 dk, membantu kendaraan menyentuh kecepatan maksimal 180 kpj. Mekanisme kerja sama seperti helikopter, itulah sebabnya untuk mengendarai mobil ini diperlukan lisensi pilot yang resmi.