POPULAR STORIES

Pabrik Tutup Karena Corona, Diam-diam KTM Resmi Luncurkan 890 Duke R

Pabrik Tutup Karena Corona, Diam-diam KTM Resmi Luncurkan 890 Duke R

KabarOto.com - Meski Pabrik KTM berhenti produksi untuk sementara, rupanya diam-diam, lewat situsnya KTM Duke 890 R 2020 resmi diluncurkan. Lewat peluncuran digitalnya, KTM bilang banyak fitur baru yang disematkan di motor ini.

Secara desain, motor ini masih mengusung DNA khas KTM, layaknya tipe menengah seperti Duke 790 dengan mesin 890 yang diklaim baru, lengkap dengan kaki-kaki sangar, seperti suspensi WP dan sistem rem dari Brembo.

890 Duke R menggunakan mesin DOHC parallel twin 890 cc dengan sistem pengkabutan bahan bakar injeksi, double-crank balancer, slipper clutch PASC dan Ride-by-Wire yang diklaim punya respon lebih halus.

Mesin baru dengan bore x stroke, rasio kompresi lebih tinggi dan katup lebih besar serta desain piston lebih besar tetapi diklaim lebih ringan sehingga putaran mesin 20% lebih tinggi dibandingkan tipe Duke 790. Ditambah crankshaft baru, semuanya dibungkus dengan mesin baru yang menghasilkan 121 dk dan torsi 99 Nm.

Baca Juga: Test Ride - KTM Duke 390, Street Fighter Rasa Supermoto

Throttle body dari Dell’Orto terdapat sensor baru untuk mengukur tekanan aliran udara pada intake dan menyesuaikan campuran yang memungkinkan kontrol mapping individual per silinder.

Kepala silinder baru dikembangkan untuk mengakomodasi intake 37 mm yang lebih besar dan katup buang 30 mm, camshaft baru dengan peningkatan lift dan profil yang lebih agresif.

Motor ini dilengkapi quickshifter yang kini dilengkapi shifter lebih pendek. Ditambah dengan fitur seamless memungkinkan perpindahan tanpa menarik tuas kopling kecepatan tertentu.

Rangka trellis diklaim semakin ringan penggunaan bahan baja Chromium Molybdenum tubular ultralight dengan subframe aluminium forged.

Fitur elektroniknya antara lain Cornering ABS, kontrol traksi dengan lean angle sensitif. Mode pengendaraan terbagi 4 yakni Sport, Street, Rain, dan Track. Harganya diklaim di kisaran Rp 200 jutaan.