POPULAR STORIES

Pabrik UD Truck Di Thailand Siap Pindah Ke Indonesia, Isuzu Investasi Rp 29 Miliar

Pabrik UD Truck di Thailand Siap Pindah Ke Indonesia, Isuzu Investasi Rp 29 Miliar Ilustrasi (Foto: UD Trucks)

KabarOto.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan bila Isuzu Motors Ltd akan memindahkan fasilitas produksi UD Trucks dari Thailand ke Indonesia.

Pemindahan fasilitas ini akan menambah line of production pada fasilitas milik Isuzu Astra Motor yang berada di Karawang, Jawa Barat dan akan dimulai pada tahun 2024.

"Nilai investasinya USD 2 juta (Rp 29,6 miliar). Pertambahan dari line of production. Jadi bukan buka lahan baru, tapi tinggal penambahan line of production," ujar Agus Gumiwang di Gedung Kemenperin, Jumat (9/6).

Baca Juga : Bentuk Kepedulian UD Trucks Kepada Pengemudi di Bulan Ramadhan

Menperin juga memastikan bila fasilitas yang dipindahkan hanya meliputi produksi merek UD Trucks. Karenanya tak ada pembicaraan terkait produksi merek lainnya yang berada di bawah naungan Isuzu.

"Jadi memang benar tidak ada pembicaran antara saya dengan pihak Isuzu di Tokyo yang menyampaikan bahwa Isuzu akan memindahkan fasilitas produksinya dari Thailand ke Indonesia. Yang ada adalah UD Trucks," jelasnya.

Sebelumnya, Kemenperin menyebut bila pabrik yang akan melakukan produksi UD Trucks siap melakukan produksi pada 2024 mendatang.

Baca Juga : Makin Mudah, Beli Suku Cadang UD Trucks Lewat Marketplace

"Pihak Isuzu menyampaikan akan memindahkan pabrik truk dari Thailand ke Indonesia dan mulai berproduksi pada tahun 2024 mendatang,” ujar Menperin.

Seperti diketahui, UD Trucks semula dimiliki oleh Volvo dan diambil alih oleh Isuzu pada 2019 lalu.

“Kami menyampaikan apresiasi atas keputusan Isuzu tersebut dan mengharapkan agar pemindahan basis produksi tersebut dapat berjalan baik. Kami akan menyiapkan berbagai kemudahan, termasuk insentif, untuk mendukung proses pemindahan pabrik,” tuturnya.