POPULAR STORIES

Pakai Bahan Karet Lokal, Pabrik Hankook Di Cikarang Bisa Produksi 12 Juta Ban Per Tahun

Pakai Bahan Karet Lokal, Pabrik Hankook di Cikarang Bisa Produksi 12 Juta Ban per Tahun Pabrik hankook (KO/edo)

KabarOto.com - Hankook Tire Indonesia, mengajak KabarOto untuk berkunjung dan melihat langsung proses pembuatan ban di pabrik mereka yang terletak di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat Rabu (11/7).

Pabrik seluas 60 hektar ini mulai beroperasi pada tahun 2013, dan diresmikan oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono bersama mantan Presiden Korea Selatan Mr. Lee Myung Bak.

"Pabrik Hankook Tire di Indonesia merupakan basis produksi ke-7 dari delapan pabrik Hankook di seluruh dunia," ujar Hyon Young Seop, Senior Manager Corporate Management Team Hankook Tire Indonesia.

Hyon menjelaskan, pabrik ini mampu memproduksi 32 ribu ban per-hari, atau sekitar 12 juta unit pertahun. "Kualitas produk adalah hal yang menjadi fokus utama Hankook, sehingga kami melakukan banyak pemeriksaan dan penyortiran dalam proses produksinya," tambah Hyon.

Ada satu hal yang menarik, ternyata pabrik ini menggunakan bahan baku karet yang 100 persen merupakan hasil alam Indonesia. Jenis ban yang diproduksi oleh Hankook antara lain, Kinergy EX yang didesain untuk kendaraan penumpang, Ventus untuk kendaraan premium, dan Vantra LT untuk kendaraan truk ringan.

Baca juga: Modifikasi Wuling Confero S, Keren dengan Gaya Turing

Produk ban yang dihasilkan pabrik ini, selain untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia, sebagian besar juga diekspor ke sejumlah negara di kawasan Amerika Utara, Amerika Selatan, Eropa, dan Asia Tenggara.

Saat ini, Hankook telah memiliki dua pabrik yang menyerap sekitar 2.000 tenaga kerja. "Nantinya jumlah pabrik tersebut akan ditingkatkan menjadi lima pabrik," ujar Ade Mahendra, Public Relation and Plant Management Team.