POPULAR STORIES

Pakai Baterai Berukuran Besar, Motor Listrik Ini Bisa Tempuh Jarak Hingga 400 Km

Pakai Baterai Berukuran Besar, Motor Listrik Ini Bisa Tempuh Jarak hingga 400 Km Motor Listrik Etech (Istimewa)

KabarOto.com - Banyak orang beranggapan, salah satu kelemahan sepeda motor listrik adalah hal kapasitas baterai, maupun daya jelajahnya. Biasanya, kendaraan roda dua tanpa bahan bakar ini hanya bisa menempuh jarak hingga 120 km dalam keadaan baterai terisi penuh.

Namun, jarak jelajah tersebut masih dianggap kurang untuk keperluan mobilitas. Kini, masalah tersebut sepertinya akan terpecahkan oleh rencana salah satu produsen motor listrik Ethec. Pabrikan asal Swiss ini berniat menciptakan sepeda motor listrik dengan jarak tempuh 400 km.

Rencana ini sepertinya akan tercapai berkat penggunaan 1.260 sel lithium-ion berukuran besar. Menariknya, baterai tersebut akan diletakkan di posisi sebagai mana mesin konvensional saat ini. Selain itu, baterai yang digunakan sudah mengadopsi teknologi Battery Management System (BMS) sehingga mampu memaksimalkan daya baterai dengan memanipulasi variabel daya baterai dan suhu.

Baca Juga: Intip Perbedaan Vespa Sprint Carbon dengan Sprint Standar

Untuk mengoptimalkan kinerja baterai, motor listrik yang disandangnya akan menggunakan pendingin oli yang dilengkapi kipas dan sirip pendingin, dengan pemantauan daya dan suhu sel baterai secara terus menerus.

Untuk kapasitasnya, baterai Ethec ini memiliki daya 15 kWh, dengan motor listrik berkekuatan 22 kW dan mampu menghembuskan daya hingga 50 kW. Motor listrik ini juga menggunakan pengereman regeneratif yang digunakan untuk mengisi ulang baterai, ditambah motor elektrik kembar.

Suspensi depannya menggunakan grider fork dan peredam kejut ganda konvensional pada swing arm belakang. Untuk pengembangan motor ini, dilakukan oleh 13 mekanik dan satu mahasiswa teknik elektro dari ETH Zurich dan dua mahasiswa desain industri dari Universitas Seni Zurich.